Main Article Content
Abstract
Along with today's technological developments, applications can be used as a medium of learning. This study aims to create a learning application about the solar system by utilizing technology Augmented Reality which is expected to be used to support the Natural Science (IPA) learning program by an elementary school educational institution to make the teaching and learning system more creative and interactive. In this study, the method augmented reality used is Image Based Tracking, which uses images as markers. The tools that help in the making of this AR are the Vuforia SDK which is used as a storage area marker. By doing this research, the results obtained in the form of the Solar System Learning application Augmented Reality that runs on the platform Android and testing respondents using the method User Acceptance Testing (UAT)with a value of 73.5%.
Keywords
Article Details
References
-
Andrea R., L. Siti, A. Fahrul, Ramadiani. 2019. “Magic Boosed” an elementary school geometry textbook with marker-based augmented reality. Universitas Ahmad Dahlan.1242-1249.
Randi, Ade. 2017. “Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Untuk Sistem Tata Surya Berbasis Android”. Diterbitkan. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Alauddin. Makassar.
Felicia, Patrick. 2013. Getting Started With Unity. Packt Publishing.
Herlambang, Prihantoro. 2015. “Augmented Reality Edugame Daur Hidup Makhluk Hidup Berbasis Android”. Diterbitkan. Fakultas Komunikasi dan Informatika. Universitas Muhammadiyah. Surakarta.
Fauzi, Hijrun, and Ramzogi, Ogy. 2013. “Respon Masyarakat Pada Tahap Pembangunan Desa Di Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur. (Studi kasus pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Desa PNPM MD)”. Fakultas Ekonomi, Universitas Lampung. Lampung.
Khamim. 2019. Menjelajahi Tata Surya. Sukoharjo: Graha Printama Selaras.
Kusuma, S. D. 2018. “Perancangan Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Tata Surya Dengan Menggunakan Marker Based Tracking”. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 33-38.
Meilani, G. R. 2018. Membangun Aplikasi Augmented Reality Dengan Unity. Garuda Mas Sejahtera.
Mulyadi, D. 2019. Kreasiku Seri Tata Surya. Tangerang: Loka Aksara.
Cahyono, S, P. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 7 Semarang”. Ekp, 1576-1580.
Rina, W. 2016. “Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Kenampakan Alam Dalam Pembelajaran IPS”. Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pasundan. Bandung.
Roedavan. 2016. Unity Tutorial Game Engine. Bandung: Informatika.
Rosa, A. C. 2019. “Rekayasa Augmented Reality Planet dalam Tata Surya sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa SMP Negeri 57 Palembang”. Jurnal Ilmiah Informatika.
Tania, D. B. 2015. “Aplikasi Pembelajaran Mari Mengenal Waktu Sebagai Alternatif Pembelajaran Untuk Anak Kelas Satu Sekolah Dasar”. Diterbitkan. Fakultas Teknik. Universitas Widyatama. Bandung.
Sagita, S. M, and A. Rini. 2014. “Pembelajaran Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality”. Faktor Exacta, 224-235.
Satria, B., and Prihandoko. 2018. “Assembly Metode Marker Based Tracking Pada Aplikasi Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality”. Universitas Amikom Yogyakarta, 1-5.
Setyawan, R. A., and Dzikri, A. 2016. “Analisis Penggunaan Metode Marker Tracking Pada Augmented Reality Alat Musik Tradisional Jawa Tengah”. Politeknik Negeri Batam. Batam.
Yousnelly. P, Saktyowati. D. O, Parulian. 2015. Senang Belajar IPA. Yudhistira.
Sartika. Y, Telnoni, P, A, and Tambunan, T. D. 2016. “Aplikasi Pembelajaran Tata Surya untuk IPA Kelas 6 Sekolah Dasar Menggunakan Augemented Reality Berbasis Android”. E-Proceeding Of Applied Science, 895.
Hermawan, Latius, dan Mochamad Hariadi. 2015. "Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Informasi." Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2015 1-8.
References
Randi, Ade. 2017. “Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Untuk Sistem Tata Surya Berbasis Android”. Diterbitkan. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Alauddin. Makassar.
Felicia, Patrick. 2013. Getting Started With Unity. Packt Publishing.
Herlambang, Prihantoro. 2015. “Augmented Reality Edugame Daur Hidup Makhluk Hidup Berbasis Android”. Diterbitkan. Fakultas Komunikasi dan Informatika. Universitas Muhammadiyah. Surakarta.
Fauzi, Hijrun, and Ramzogi, Ogy. 2013. “Respon Masyarakat Pada Tahap Pembangunan Desa Di Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur. (Studi kasus pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Desa PNPM MD)”. Fakultas Ekonomi, Universitas Lampung. Lampung.
Khamim. 2019. Menjelajahi Tata Surya. Sukoharjo: Graha Printama Selaras.
Kusuma, S. D. 2018. “Perancangan Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Tata Surya Dengan Menggunakan Marker Based Tracking”. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 33-38.
Meilani, G. R. 2018. Membangun Aplikasi Augmented Reality Dengan Unity. Garuda Mas Sejahtera.
Mulyadi, D. 2019. Kreasiku Seri Tata Surya. Tangerang: Loka Aksara.
Cahyono, S, P. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 7 Semarang”. Ekp, 1576-1580.
Rina, W. 2016. “Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Kenampakan Alam Dalam Pembelajaran IPS”. Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pasundan. Bandung.
Roedavan. 2016. Unity Tutorial Game Engine. Bandung: Informatika.
Rosa, A. C. 2019. “Rekayasa Augmented Reality Planet dalam Tata Surya sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa SMP Negeri 57 Palembang”. Jurnal Ilmiah Informatika.
Tania, D. B. 2015. “Aplikasi Pembelajaran Mari Mengenal Waktu Sebagai Alternatif Pembelajaran Untuk Anak Kelas Satu Sekolah Dasar”. Diterbitkan. Fakultas Teknik. Universitas Widyatama. Bandung.
Sagita, S. M, and A. Rini. 2014. “Pembelajaran Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality”. Faktor Exacta, 224-235.
Satria, B., and Prihandoko. 2018. “Assembly Metode Marker Based Tracking Pada Aplikasi Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality”. Universitas Amikom Yogyakarta, 1-5.
Setyawan, R. A., and Dzikri, A. 2016. “Analisis Penggunaan Metode Marker Tracking Pada Augmented Reality Alat Musik Tradisional Jawa Tengah”. Politeknik Negeri Batam. Batam.
Yousnelly. P, Saktyowati. D. O, Parulian. 2015. Senang Belajar IPA. Yudhistira.
Sartika. Y, Telnoni, P, A, and Tambunan, T. D. 2016. “Aplikasi Pembelajaran Tata Surya untuk IPA Kelas 6 Sekolah Dasar Menggunakan Augemented Reality Berbasis Android”. E-Proceeding Of Applied Science, 895.
Hermawan, Latius, dan Mochamad Hariadi. 2015. "Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Informasi." Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2015 1-8.