Pengetahuan Panen dan Produktivitas Tenaga Kerja Pemanenan Kelapa Sawit (Elaesis Guineensis Jacq) di PT Sentosa Kalimantan Jaya

Authors

  • Isti Isma Pengelolaan Perkebunan, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Budi Winarni Pengelolaan Perkebunan, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Taman Alex Pengelolaan Perkebunan, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.51967/tanesa.v22i2.900

Keywords:

Pengetahuan Panen, Produktivitas dan Tenaga Kerja

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberhasilan panen yang didukung oleh pengetahuan pemanenan sangat diperlukan untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan agar hasil kerja menjadi maksimal. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui katagori pengetahuan pemanenan dan menghitung seberapa besar produktivitas tenaga kerja kerja pemanen kelapa sawit di PT. Sentosa Kalimantan Jaya (SKJ). Metode penelitian yang digunakan adalah metode survai. Teknik pengolahan data penelitian menggunakan metode analisis deskriptif dengan membuat katagorisasi (lima katagori) untuk mengetahui pengetahuan tenaga kerja pemanenan melalui program Microsoft Exel. Dari hasil tabulasi pengetahuan tenaga kerja pemanenan termasuk dalam katagori baik dengan nilai 380. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengetahuan tenaga kerja pemanenan di PT. Sentosa Kalimantan Jaya (SKJ) termasuk dalam pengetahuan yang baik dan hasil rata-rata produktivitas adalah 222 janjang/HK dengan basis 181 janjang/HK.

References

Afifah, S.N dan Lubis, I. (2016). Faktor PEnentu Produktivitas Tenaga Kerja Panen Kelapa Sawit Kalimantan Timur. Jurnal Dapartemen Agronomi dan Hortikultura. Vol 4(2):215-223.
Arikunto, S. (2003). Prosedur Penelitian: suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Fauzi, Yan. (2012). Kelapa Sawit. Budidaya, Pemanfaat Hasil dan Limbah, Analisis Usaha dan Pemasaran. Jakarta: Penebar Swadaya.
Hartono, J.M. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.
Hasibun, M. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Iqbal, M. (2002). Pokok-pokok Materi Metode Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia.
Lubis, A.U. (2008). Kelapa Sawit (Elaeis quineensis Jacq) di Indonesia Ed Ke-2. Jakarta: Pusat Penelitian Kelapa Sawit.
Mangoensoekarjo, S. Dan Semangun, H. (2008). Manajemen Agribisnis Kelapa Sawit. Gajah Mada University Press. 605 hal.
Simamora, A.W.F., Sayakti, W.D., dan Situmorang, S. (2016). Produktivitas Tenaga Kerja Pemanen di PT. Perkebunan Nusantara VII Unit Kebun Kelapa Sawit Rejosari. Jurnal Agribisnis. Vol 4 No 2.
Singarimbun, M dan Effendi, S. (2011). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3S.
Suparmoko, M. (2002). Ekonomi Publik Untuk Keuangan dan Pembangunan Daerah. Yogyakarta: Andi.
Sumarsono, S. (2009). Teori dan Kebijakan Publik Ekonomi Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.
Tanto, D., Dewi, S.M., dan Budi, S.P. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Pekerja pada Pengerjaan Atap Baja Ringan di Perumahan Green Hils Malang. J Rekayasa Sipil. 6(1):69-82

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Isma, I., Winarni, B., & Alex, T. (2021). Pengetahuan Panen dan Produktivitas Tenaga Kerja Pemanenan Kelapa Sawit (Elaesis Guineensis Jacq) di PT Sentosa Kalimantan Jaya. Buletin Poltanesa, 22(2), 164–169. https://doi.org/10.51967/tanesa.v22i2.900

Issue

Section

Plantation Management