Tingkat Pengetahuan dan Pemahaman Panen Buah pada Tenaga Kerja Permanen Kelapa Sawit di PT Hanusentra Agro Lestari Kalolokan Estate

Authors

  • Nurfadilla Pengelolaan Perkebunan, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Budi Winarni Pengelolaan Perkebunan, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Taman Alex Pengelolaan Pertanian Perkebunan, Politeknik Negeri Samarinda, Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.51967/tanesa.v22i2.895

Keywords:

Tingkat Pengetahuan, Produktivitas, Permanen.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberhasilan panen dan produksi yaitu  bahan tanam yang digunakan, permanen dengan kapasitas kerjanya, serta alat pendukung lainnya tentang peralatan panen, matang panen, rotasi panen, sistem panen, sarana pasca panen, untuk kelancaran permanenan. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kategori pengetahuan permanen dan produktivitas tenaga kerja permanen kelapa sawit. Pengumpulan data terkait dengan tingkat pengetahuan tenaga kerja permanen diperoleh dari metode observasi, metode wawancara, metode kuesioner dan data sekunder diperoleh dari lembega-lembaga/instansi terkait, analisis data penelitian menggunakan metode analisis deskriptif.

Tingkat pengetahuan tenaga kerja di PT. Hanusentra Agro Lestasi termasuk kategori baik (B) dengan skor 380 berdasarkan hasil rentang skor yang diberoleh sebesar 80, produktivitas tenaga kerja permanen rata-rata 143 janjang/HK dengan basis 95 janjang/HK.

References

Al Amami N, Rachmat AL. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja Panen di Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit PT. Parasawitarn Kabupaten Aceh Taamiang.
Arikunto, S (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
BPS. (2018). Statistik Kelapa Sawit. Indonesia.
Hidayah M T M. (2018). Produktivitas Tenaga Kerja Pada Permanen Kelapa Sawit Di PT. Multi Pacific Internasional. Skripsi. Jurusan Manajemen Pertanian. Program Studi Pengelolaan Perkebunan Politeknik Pertanian Negeri. Samarinda.
Fauzi, Y., Widyastuti, Y.E., Satyawibawa, I., Hartono, R.. (2008). Kelapa Sawit: Budidaya Pemanfaatan Hasil dan Limbah Analisis Usaha dan Pemasaran Edisi Revisi. Jakarta. Penebar Swadaya.
Idris, Amiruddin. (2016). Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. Deepublish.
Lubis, A. U. (2008). Kelapa Sawit (Elaeis guineensis jacq) di Indonesia. Medan. Pusat Penelitian Kelapa Sawit.
Manulang, M. (2000). Dasar–Dasar Manajemen. Jakarta. Ghalia Indonesia.
Robbins, S. (2006). Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi, Edisi Kelima (Terjemahan Halida dan D Sartika). Jakarta. Erlangga
Sunarko. (2007). Petunjuk Praktis Budi Daya & Pengolahan Kelapa Sawit. Jakarta . AgroMedia Pustaka.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung Kualitatif dan R & D, CV Alfa

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Nurfadilla, Winarni, B., & Alex, T. (2021). Tingkat Pengetahuan dan Pemahaman Panen Buah pada Tenaga Kerja Permanen Kelapa Sawit di PT Hanusentra Agro Lestari Kalolokan Estate. Buletin Poltanesa, 22(2), 176–181. https://doi.org/10.51967/tanesa.v22i2.895

Issue

Section

Plantation Management