The Impact of ARKAS Implementation on BOS Fund Reporting in Elementary Schools in Sanggau Regency

Authors

  • Muhammad Anshari Master of Accounting, Tanjungpura University
  • Nella Yantiana Master of Accounting, Tanjungpura University
  • Haryono Master of Accounting, Tanjungpura University
  • Rusliyawati Master of Accounting, Tanjungpura University
  • Juanda Astarani Master of Accounting, Tanjungpura University

DOI:

https://doi.org/10.51967/tanesa.v26i1.3350

Keywords:

ARKAS, BOS Fund Reporting, Elementary Schools, SEM-PLS

Abstract

This study aims to analyze the effect of the implementation of the School Activity and Budget Plan Application (ARKAS) on the reporting of School Operational Assistance (BOS) funds in elementary schools in Sanggau Regency. The research method employed is quantitative, using a Structural Equation Modeling (SEM) approach with Partial Least Squares (PLS). The sample consists of principals and treasurers from 142 elementary schools that have used ARKAS for at least one year. Data was collected through questionnaires and analyzed using SmartPLS software. The results indicate that the implementation of ARKAS has a positive and significant effect on BOS fund reporting. These findings underscore the importance of optimizing the use of ARKAS, as well as the active roles of school leaders and treasurers in improving the accuracy, timeliness, and compliance of BOS fund reporting.

References

Arifin, A. (2020). Transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dana BOS. Jurnal Akuntansi Publik, 12(1), 45–56.

Bappeda Sanggau. (2022). Laporan pemetaan infrastruktur pendidikan di wilayah perbatasan. Pemerintah Daerah.

Bastian, I. (2015). Akuntansi sektor publik: Suatu pengantar. Jakarta: Erlangga.

Boby, F., & Kaharap, M. (2022). Analisis akuntabilitas pengelolaan dana BOS di sekolah dasar negeri. Jurnal Pendidikan dan Akuntansi, 10(1), 15–26.

Dewi, R. A., & Prabowo, A. (2022). Implementasi sistem informasi BOS berbasis digital dan pengaruhnya terhadap kepatuhan pelaporan keuangan sekolah. Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, 6(1), 23–34.

Dewi Sartika. (2023). Efektivitas penggunaan dana BOS dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 14(2), 112–124.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau. (2023). Laporan tahunan evaluasi penggunaan dana BOS. Bidang Pembinaan SD.

Halim, A., & Kusufi, M. S. (2012). Akuntansi sektor publik: Akuntansi keuangan daerah. Jakarta: Salemba Empat.

Halim, A., & Kusufi, M. S. I. (2012). Akuntansi sektor publik: Dari teori ke praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Kadek, Y. P., & I, M. A. (2023). Pengaruh kompetensi pengguna terhadap efektivitas implementasi ARKAS dalam pengelolaan dana BOS. Jurnal Akuntansi Publik, 9(1), 33–45.

Kemendikbudristek. (2021). Panduan implementasi aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS).

Kemendikbudristek. (2021). Surat edaran bersama Mendagri dan Mendikbudristek Nomor 907/6479/SJ dan Nomor 7 Tahun 2021 tentang penggunaan aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS). Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan implementasi ARKAS tahun 2022. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Kementerian Keuangan RI. (2022). Evaluasi penyaluran dan pemanfaatan dana BOS. Jakarta: Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Petunjuk teknis penggunaan aplikasi ARKAS dalam pelaporan dana BOS. Jakarta: Kemendikbud.

Kusuma, A. R., & Wibowo, H. (2021). Pengaruh digitalisasi pelaporan keuangan terhadap transparansi pengelolaan dana BOS. Jurnal Akuntansi Pendidikan, 9(2), 145–157.

Mardiasmo. (2018). Akuntansi sektor publik. Yogyakarta: Andi.

Muliatuise, F., Waruwu, R., & Sitompul, J. (2022). Akuntabilitas pengelolaan dana BOS pada sekolah dasar negeri di Kabupaten Nias Barat. Jurnal Akuntansi dan Audit, 8(2), 55–67.

Nurdin, F., & Wulandari, M. (2022). Efektivitas penggunaan aplikasi ARKAS dalam laporan keuangan sekolah dasar di daerah 3T. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 75–89.

Permendikbudristek No. 63 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana BOS.

Prasetyo, E., & Suharto, B. (2021). Sistem informasi akuntansi dan pengaruhnya terhadap efisiensi audit di sekolah dasar. Jurnal Sistem Informasi, 7(1), 22–30.

Putra, F. D., & Dewi, S. R. (2020). Digitalisasi pelaporan keuangan pada sektor pendidikan: Studi kasus pelaporan dana BOS. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(3), 78–87.

Putri, A. D., & Nurlina. (2023). Analisis implementasi ARKAS dalam meningkatkan efisiensi pelaporan keuangan sekolah dasar. Jurnal Administrasi dan Akuntansi Pendidikan, 5(2), 100–110.

Santosa, A., Rahmawati, D., & Hidayat, A. (2023). Penguatan tata kelola keuangan sekolah melalui sistem ARKAS: Studi kasus di Kabupaten Sleman. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 88–102.

Santoso, M., Rahman, F., & Harjanto, R. (2022). Peran pelatihan dan sosialisasi dalam peningkatan kualitas pelaporan keuangan sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 14(1), 45–60.

Saragih, D. (2023). Tantangan implementasi ARKAS di sekolah dasar daerah terpencil. Jurnal Administrasi Pendidikan dan Kebijakan, 4(1), 33–45.

Setiawan, T. (2018). Pengaruh sistem informasi akuntansi terhadap kinerja pelaporan keuangan di institusi pendidikan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 30–39.

Suparman, A., & Sari, M. (2022). Analisis tingkat pemahaman operator sekolah terhadap penggunaan aplikasi ARKAS. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Teknologi, 6(2), 113–125.

Susanto, A. (2017). Sistem informasi akuntansi: Struktur, pengendalian, risiko, dan pengembangan. Bandung: Lingga Jaya.

Sutisna, D. (2023). Tantangan infrastruktur teknologi informasi dalam implementasi ARKAS di daerah terpencil. Jurnal Administrasi Publik dan Kebijakan Daerah, 5(1), 67–78.

Utami, S., & Hartono, Y. (2019). Transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dana BOS melalui aplikasi ARKAS. Jurnal Pendidikan dan Kebijakan Publik, 6(2), 112–121.

Wibowo, A. (2021). Pengaruh sistem pelaporan keuangan terintegrasi terhadap kinerja sekolah. Jurnal Akuntabilitas Publik, 9(2), 123–134.

Yulyanti, R., Safitri, D., & Ridho, M. (2022). Transparansi dan akuntabilitas penggunaan dana BOS melalui implementasi aplikasi ARKAS. Jurnal Tata Kelola Keuangan Publik, 7(3), 91–104

Published

2025-06-05

How to Cite

Anshari, M., Yantiana, N., Haryono, H., Rusliyawati, R., & Astarani, J. (2025). The Impact of ARKAS Implementation on BOS Fund Reporting in Elementary Schools in Sanggau Regency. Buletin Poltanesa, 26(1). https://doi.org/10.51967/tanesa.v26i1.3350

Issue

Section

Economics and Management