Sistem Pakar Bimbingan dan Konseling Terhadap Perilaku Siswa Menggunakan Metode Backward Chaining Berbasis Web
DOI:
https://doi.org/10.51967/tanesa.v20i1.313Keywords:
Backward Chaining, Bimbingan Dan Konseling.Abstract
Bimbingan dan Konseling di sekolah merupakan metode yang diterapkan untuk mengontrol pribadi dan perilaku siswa-siswi yang memiliki masalah. Aplikasi ini menghasilkan keluaran berupa kemungkinan perilaku siswa berdasarkan gejala atau fakta yang dirasakan oleh siswa. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah membangun aplikasi sistem yang dapat digunakan oleh guru BK (Bimbingan Konseling) untuk memberi bimbingan dan konseling terhadap siswa dengan cara melakukan konsultasi untuk siswa yang mengalami permasalahan terhadap perilakunya. Hasil dari penelitian ini diharapkan mempermudah guru BK dalam melakukan bimbingan dan konseling serta alat atau sarana pendekatan guru BK dengan siswa yang bermasalah dalam perilaku.
References
Buana dan Astuti. 2017. ”Sistem Pakar Bimbingan dan Konseling Siswa Bermasalah Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Brebes". Jurusan Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswanto Semarang, Semarang. (Hlm:1-4).
Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Doro, E. dan Stevalin B. 2009. Analisis Data dengan Menggunakan
ERD dan Model Konseptual Data Warehouse. Bandung.
Fahli, M., Zatra, H.A., Muri, Y., Syahniar. (2013). “Perancangan Sistem Pakar Untuk Mengetahui Infertilitas Pada Perempuan Menggunakan Metode Certainty Factor Pemahaman Konselor Sekolah Tentang Tugas Perkembangan Siswa Dan Layanan Yang Diberikan”. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri, Volume 2 Nomor 1.
Fatimah dan Maulana 2017. "Perancangan Sistem Pakar Permasalahan Siswa Di Sekolah". Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Jurnal Algoritma Vol. 14, No. 2: 311-318.
Firman, Wowor dkk. 2016. ” Sistem Informasi Perpustakaan Online Berbasis Web". Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNSRAT. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer. Vol. 5, No.2: 29-36.
Josi, A. (2017). Penerapan Metode Prototiping Dalam Pembangunan Website Desa , 50-57.
Nasir dan Jahro 2018. "Sistem Pakar Konseling dan Psikoterapi Masalah Kepribadian Dramatik Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web". Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Putera Batam, Batam. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univarb. Vol. 3, No. 1: 37-48.
Nurihsan 2006. Bimbingan dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan, Bandung: PT Refika Aditama:7-17.
Putri 2018. “Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Kepribadian Siswa Menggunakan Metode Certainty Factor Dalam Mendukung Pendekatan Guru”. Program Studi Sistem Komputer, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Pembangunan Panca Budi, Medan. Jurnal of Information Technologi and Computer Science, Vol. 1, No. 1:78-90.
Saputra, A. (2012). Php, Html5 dan CSS3. Jakarta.
Sukardi, Dewa ketut. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutojo dkk 2010. Kecerdasan Buatan. Semarang: Andi Offset. Hlm:160-178.
Syah dan Gunawan. 2016. "Sistem Pakar Bimbingan dan Konseling Siswa Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Web Pada SMAN 1 Cikembar. Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer Nusa Mandiri. ISBN:978-602-72850-3-3.(Hlm:85-94).
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright of this article is transferred to Buletin Poltanesa and Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, when the article is accepted for publication. the authors transfer all and all rights into and to paper including but not limited to all copyrights in the Buletin Poltanesa. The author represents and warrants that the original is the original and that he/she is the author of this paper unless the material is clearly identified as the original source, with notification of the permission of the copyright owner if necessary.
A Copyright permission is obtained for material published elsewhere and who require permission for this reproduction. Furthermore, I / We hereby transfer the unlimited publication rights of the above paper to Poltanesa. Copyright transfer includes exclusive rights to reproduce and distribute articles, including reprints, translations, photographic reproductions, microforms, electronic forms (offline, online), or other similar reproductions.
The author's mark is appropriate for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all coauthor. This Agreement shall be signed by at least one author who has obtained the consent of the co-author (s) if applicable. After the submission of this agreement is signed by the author concerned, the amendment of the author or in the order of the author listed shall not be accepted.