Game Edukasi Pengenalan Objek Untuk Anak Usia 6-8 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.51967/tanesa.v20i1.311Keywords:
Game, Pengenalan Objek, Sekolah Dasar, Edukasi, Adobe FlashAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pesatnya perkembangan teknologi saat ini juga sangat mempengaruhi dunia pendidikan dimana cara belajar mengajar tidak lagi mengharuskan murid dan pengajar harus bertemu secara langsung. Selain itu saat ini peran orang tua sangatlah diharapkan, terutama jika menyangkut permainan menggunakan media elektronik seperti handphone, laptop maupun komputer. Selain itu salah satu alasan pemilihan judul penelitian ini di karenakan karakter anak yang pada umumnya lebih menyukai konsep belajar sambil bermain yang dianggap lebih menarik dan menyenangkan. Aplikasi ini dibuat dengan adobe flash cs5 dan menggunakan bahasa pemrograman action script 2. Adapun metode pengujian aplikasi dilakukan dengan menyebarkan kuisioner ke 40 siswa yang terbagi di dua sekolah yaitu 10 siswa di Sekolah Dasar Negeri 007 dan 30 siswa di Sekolah Dasar Negeri 008 Samarinda Seberang. Maka berdasarkan latar belakang tersebut dibuat aplikasi game edukasi pengenalan objek, sehingga anak-anak dapat belajar sambil bermain. Aplikasi ini diperuntukkan untuk anak usia 6 sampai 8 tahun.
References
Dewi, G. P. (2012). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Hewan dalam Bahasa Inggris sebagai Media Pembelajaran Siswa SD berbasis Macromedia Flash.
Enjelina, S. (2016). Jurnal Aplikasi Berbasis Web.
Heinich, & Molenda. (2005). Instructional Technology and Media for Learning. New Jersey: Ohio: Pearson Merrill Prentice Hall.
Novita, D. R. (2010). Pembangunan Media Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Siswa Kelas 1 pada Sekolah Dasar Negeri 15 sragen.
Sadiman, A. (2009). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.
Setyawan, D. (2015). Mengenal Huruf Abjad A-Z.
Sudiatmika, I. A., Cahyawan, A. A., & Buana, P. W. (2014). Aplikasi Game Edukasi Trash Grabber untuk Mengenal Jenis-Jenis Sampah Pada Smartphone Berbasis Android.
Vaughan, T. (2004). Multimedia : Making It Work. Yogyakarta: Tim Andi Penerbit.Arsyad, M.A, P. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright of this article is transferred to Buletin Poltanesa and Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, when the article is accepted for publication. the authors transfer all and all rights into and to paper including but not limited to all copyrights in the Buletin Poltanesa. The author represents and warrants that the original is the original and that he/she is the author of this paper unless the material is clearly identified as the original source, with notification of the permission of the copyright owner if necessary.
A Copyright permission is obtained for material published elsewhere and who require permission for this reproduction. Furthermore, I / We hereby transfer the unlimited publication rights of the above paper to Poltanesa. Copyright transfer includes exclusive rights to reproduce and distribute articles, including reprints, translations, photographic reproductions, microforms, electronic forms (offline, online), or other similar reproductions.
The author's mark is appropriate for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all coauthor. This Agreement shall be signed by at least one author who has obtained the consent of the co-author (s) if applicable. After the submission of this agreement is signed by the author concerned, the amendment of the author or in the order of the author listed shall not be accepted.