Sistem Monitoring Pada Tanaman Hidroponik Menggunakan Arduino UNO dan NodeMCU

Authors

  • Syafei Karim Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Ida Maratul Khamidah Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Yulianto Politeknik Pertanian Negeri Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.51967/tanesa.v22i1.331

Keywords:

Internet of Things, Arduino Uno, Hidroponik, Sistem Monitoring

Abstract

Hidroponik merupakan cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamnya, tetapi menggunakan air yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Kelebihan teknik menanam hidroponik antara lain penggunaan lahan yang efisien, penggunaan pupuk dan air lebih efisien dan terkendali. Sedangkan kekurangan dari teknik ini adalah membutuhkan ketelitian, ketelatenan, dan pemantauan secara terus-menerus. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dapat memanfaatkan kemajuan teknologi yang sudah berkembang. Saat ini banyak sistem yang mampu mengolah dan mengerjakan pekerjaan manusia yang dilakukan secara manual dapat menjadi lebih mudah, cepat, dan akurat baik dari segi waktu dan tenaga. Salah satunya adalah mikrokontroller Arduino Uno. Terdapat tiga sensor yang digunakan yaitu sensor DHT-22 untuk mendeteksi suhu dan kelembaban, sensor pH untuk mendeteksi nilai pH, sensor TDS untuk mendeteksi nutrisi air pada tanaman. Data-data sensor tersebut dikendalikan oleh Arduino Uno dan datanya dikirim ke server Thingsboard menggunakan protokol MQTT yang datanya ditampilkan dalam bentuk chart dan grafik. Dari hasil pengujian modul sensor yang dilakukan, sensor sudah bekerja dengan baik dengan berdasarkan waktu dengan selisih satu jam.

 

References

Association, G., 2014. Understanding the Internet of Things (IoT). London: GSMA Connected Living.
Buana, Z., O. C. & E., 2019. Sistem Pemantauan Tanaman Sayur dengan Media Tanam Hidroponik menggunakan Arduino. Jurnal Teknik Elektro dan Vaksional, Februari, Volume Vol. V, pp. 74-80.
Ciptadi, P. W. & Hardyanto, R. H., 2018. Penerapan Teknologi IoT pada Tanaman Hidroponik menggunakan Arduino dan Blynk Android. Jurnal Dinamika Informatika, September, Volume Volume 7, pp. 29-40.
Crisnapati, P. N., Wardana, I. N. K., Aryanto, I. K. A. A. & Hermawan, A., 2018. Hommons: Hydroponic Management and Monitoring System for an IoT based NFT Farm using Web Technology. s.l., IEEE.
D. R., A. D. & P. S., 1990. Hydroponic culture of crops in the Philippines: Problems and Prospect.. International Seminar on Hydroponic Culture of High Value Crops in the Tropics in Malaysia, 25-27 November.
E., Arief, S. N. & Cordova, M. D., 2020. Implementasi IOT Pada Smartgreenhouse Berbasis Raspberry Pi menggunakan Aplikasi Android. s.l., s.n.
Pamungkas, G., Purwalaksana, A. Z., Djamal, M. & Amina, N. S., 2017. Rancang Bangun Hidroponik Sistem Nutrient Film Technique Otomatis Berbasis Arduino. Prosiding SNIPS, 26-27 Juli.
Prasetyo, A., Nurhasan, U. & Lazuardi, G., 2018. Implementasi IoT pada Sistem Monitoring dan Pengendali Sirkulasi Air Tanaman Hidroponik. Jurnal Informatika Polinema, November, Volume Volume 5, pp. 31-36.
Prayitno, W. A., A. M. & D. S., 2017. Sistem Monitoring Suhu, Kelembaban, dan Pengendali Penyiraman Tanaman Hidroponik menggunakan Blynk Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, April, Volume Vol. 1, No. 4, pp. 292-297.
Putra, R. M., 2018. Budidaya Tanaman Hidroponik DFT pada Tiga Kondisi Nutrisi yang Berbeda, Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Setiadi, D. & Muhaemin, M. N. A., 2018. Penerapan Internet of Things (IoT) pada Sistem Monitoring Irigasi (Smart Irigasi). Jurnal Infotronik, Desember.Vol. 3(No. 2).
Setiawan, N. D., 2018. Otomasi Pencampur Nutrisi Hidroponik Sistem NTF (Nutrient Film Technique) Berbasis Arduino Mega 2560. Jurnal Teknik Informatika Unika St. Thomas (JTIUST), Desember.Vol. 3(No. 2).
Wilianto & Kurniawan, A., 2018. Sejarah, Cara Kerja dan Pemanfaatan Internet of Things. Jurnal Matrix, Vol. 8(No. 2).

Downloads

Published

2021-06-02

How to Cite

Karim, S. ., Khamidah, I. M. ., & Yulianto. (2021). Sistem Monitoring Pada Tanaman Hidroponik Menggunakan Arduino UNO dan NodeMCU. Buletin Poltanesa, 22(1), 75–79. https://doi.org/10.51967/tanesa.v22i1.331

Issue

Section

Software Engineering & Informatics