Game Edukasi Pengenalan Jenis Buah Buahan Menggunakan Adobe Flash

Authors

  • Riska Haruna Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Nisa Rizqiya Fadhliana Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Wahyuni Eka Sari Politeknik Pertanian Negeri Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.51967/tanesa.v20i2.310

Keywords:

Buah-Buahan, Teknologi Multimedia, Permainan Edukasi, Adobe Flash , System Operasi Desktop.

Abstract

Pada setiap pendidikan anak usia sekolah dasar, siswa akan cenderung lebih tertarik dengan permainan yang mudah dimainkan dan di dalamnya terdapat warna-warni cerah serta gambar animasi yang menarik perhatian. Dan tahap inii siswa akan lebih mudah mengingat suatu bentuk buah atau tulisan yang memiliki ciri warna buah menarik dan bentuk yang komunikatif dan menyenangkan. Berdasarkan uraian diatas maka penting dibuat sebuah media pembelajaran berupa game edukasi pengenalan jenis buah buahan yang dapat mempermudah proses belajar siswa dengan konsep belajar sambil bermain.

References

Barnas G.S.2016.“Game Detektif Samad Memberantas Korupter Berbasis Dekstop”. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika ISSN :2089-9033:1-9.
Baroroh K.N.U.2017. “Pengembangan Game Edukasi Piramida Question pada Materi Zat Gizi untuk Pelajaran ilmu Gizi di kelas X Tata Boga SMK Negeri 1 Sewon Bantul”. Jurnal Pendidikan Teknik Boga Hal:1-8.
Fithri D.L. dan Setiawan D. A. 2017. “Analisa dari Perancangan Game Edukasi Sebagai Motivasi Belajar Untuk Anak Usia Dini “. Jurnal SIMETRIS. Vol.8, No.1:225-230.
Hartono R., Purnomo A., Kurdhi N.A. dan Firdianan I.H. 2016. “Pembuatan Game Edukasi ‘ English For Fun’ Untuk anak kelas 1-2 SD Berbasis Android Menggunakan Unity 3d”. Jurnal SIMETRIS. Vol.7, No.2:521-526.
Jordi .2012. “Perancangan Board Game Edukatif tentang Peduli Lingkungan untuk Anak Usia 7-12 Tahun”. Jurnal Universitas Negeri Padang Hal:1-20.
Kevin A.A. 2017. “Aplikasi Game Edukasi Bahasa Inggris Berbasis Macromedia Flash Menggunakan Metoe Waterfall”. Simki-Techsain. Vol.01, No.07:1-11.
Komarayanti S. 2017. “Ensiklopeia Buah-Buahan Lokal Berbasis Potensi Alam Jember”. Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi. Vol.2, No.1:61-75.
Martono K.T. 2015. “Pengembangan Game dengan Menggunakan Game Engine Game Makes” . Jurnal Sistem Komputer. Vol.5, No.1:23-30.
Pratama W. 2014. “Game Adventure Misteri Kotak Pandora”. Jurnal Telematika. Vol.7, No.2:13-31.
Purnomo F.A., dkk. 2016. “ Pembuatan Game Edukasi ‘ Petualangan Si Gemul Sebagai Pembelajaran Pengenalan Daerah Solo Raya pada anak”. Jurnal SIMETRIS. Vol.7, No.2:619-629.
Rohman N. Dan Mulyanto B. 2010. “Membangun Aplikasi Game Edukatif sebagai Media Belajar Anak-Anak”. Jurnal Computech & Bisnis. Vol.4, No.1: 53-58.
Siswanto, H. 2016. “Game Edukasi Pengenalan Nama Buah dalam Bahasa Inggris untuk Siswa SD Kelas 4”. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Hal 1-11.
Vitriningsih A.V. 2016 “Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaram Pendidikan Anak Usia Dini”. Jurnal INFORM. Vol.1, No.1:1-8.
Yuliant F., Utami Y.T. dan Ahmad I. 2018. “Game Edukasi Pengenalan Buah-Buahan Bervitamin C Untuk Anak Usia Dini”. ISSN 2548-4265-Vol.7, No.3:242-251.

Downloads

Published

2019-12-01

How to Cite

Haruna, R. ., Fadhliana, N. R. ., & Sari, W. E. . (2019). Game Edukasi Pengenalan Jenis Buah Buahan Menggunakan Adobe Flash. Buletin Poltanesa, 20(2), 45–50. https://doi.org/10.51967/tanesa.v20i2.310

Issue

Section

Software Engineering & Informatics