Pengaruh Penambahan Ekstrak Daun Jambu Mente Terhadap Total Bakteri dan Mutu Sensori Permen Herbal Rumput Laut

Authors

  • Mukhlis Agribisnis, Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  • Safriyanto S Maruka Teknologi Pengolahan Hasil Laut, Politeknik Palu
  • Nurfadilah Perikanan Tangkap, Universitas Sulawesi Barat

DOI:

https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i2.1930

Keywords:

Rumput laut, Jambu Mente, Permen, Total Plat Count (TPC), Sensori

Abstract

Rumput laut merupakan komoditas laut yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Jenis rumput laut yang sering dibudidayakan adalah jenis Eucheuma cottonii, Permen merupakan jajanan yang banyak diminati di kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Guna meningkatkan nilai tambah dari rumput laut maka peneliti mencoba membuat permen Hard candy dari tepung rumput laut dan menambahkan ekstrak daun jambu mente sebagai anti bakteri. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak daun jambu mente terhadap jumlah total koloni bakteri dan sensori permen herbal rumput laut. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratoris parameter yang di gunakan yaitu uji Total Plate Count (TPC) dan uji sensori yang meliputi warna, aroma, tekstur, dan rasa. Rancangan percobaan yang digunakan adalah RAK dengan 5 taraf perlakuan yaitu P1 (0 ml), P2 (10 ml), P3 (20 ml), P4 (30 ml), P5 (40 ml). Jumlah total mikroba terendah terdapat pada perlakuan P5 (2,26 x 103), sampel warna yang disukai yaitu P3(4.67), sampel aroma yang disukai yaitu P5 (4.13), sampel tekstur yang disukai yaitu P5 (4.80), sampel rasa yang disuukai yaitu P1 (4.73). Penambahan ekstrak daun jambu mente pada permen herbal rumput laut sangat berpengaruh terhadap total koloni bakteri karena terjadi penurunan jumlah total koloni bakteri seiring dengan banyaknya ekstrak daun jambu mente yang di tambahkan. Berdasarkan hasil uji sensori permen herbal rumput laut yang ditambahkan ekstrak daun jambu mente mendapatkan hasil memberi pengaruh nyata terhadap warna, tekstur dan rasa pada permen herbal rumput laut, tetapi tidak memberi pengaruh nyata pada aroma permen herbal rumput laut. Berdasarkan hal tersebut dapat diketahui bahwa perlakuan terbaik permen herbal rumput laut dengan penambahan ekstrak daun jambu mente terdapat pada sampel P5 dimana memiliki total mikroba paling terendah yaitu 2,26 x 103 Koloni/g dan sampel P5 memiliki aroma, tekstur, dan rasa yang disukai panelis.

References

Hartini, S.P, (2018). Pengaruh Proporsi Sari Kacang Hijau Dan Gula Terhadap Mutu Nutrisi dan Sensori Permen Keras (Hard Candy). Artikel Fakultas Teknologi Pangan Dan Agroindustri. Universitas Mataram.

Hasanah I. (2018). Pengaruh Penambahan Sari Daun Kelor dan Sari Stroberi Terhadap Karakteristik Permen Karamel Susu. Skripsi Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Kuncahyo, I. (2011). Optimasi Campuran Carbopol 941 Dan Hpmc Dalam Formulasi Sediaan Gel Ekstrak Daun Jambu Mete Secara Simplex Lattice Design. Jurnal Farmasi Indonesia, 8.

Laoli, K. F. T. (2019). Serta Aktivitas Antioksidan Permen Jelly Buah Mengkudu (Morinda citrifolia) Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Lestari, P., Widiastuti, I., & Lestari, S. (2018). Pengaruh Komposisi Rumput Laut (Eucheuma Cottonii) dan Tepung Beras Terhadap Sifat Kimia dan Sensoris Masker Wajah. Jurnal FishtecH, Fakultas Pertanian. Universitas Sriwijaya. Palembang. Lukito, M. S., Giyarto, G., & Jayus, J. (2017). Sifat fisik, kimia dan organoleptik dodol hasil variasi rasio tomat dan tepung rumput laut. Jurnal Agroteknologi. Fakultas Teknologi Pertanian. Universitas Jember. .

Muhaeminan, M., Haryati, S., & Sudjatinah, M. (2018). Berbagai Konsentrasi Ekstrak Kunyit Terhadap Sifat Fisikokimia Dan Organoleptik Fillet Ikan Bandeng Selama Penyimpanan 24 Jam. Jurnal Teknologi Pangan Dan Hasil Pertanian. Fakultas Teknologi Pertanian. Universitas Semarang.

Pranajaya I.P.A. (2015). Uji Aktivitas Anti Oksidan Menggunakan Metode Deoksiribosa Dan Penetapan Kandungan Fenolik Total Pada Fraksi Etil Asetat Ekstrak Etanolik Daun Jambu Mente (Anacardium occidentale L.) Skripsi. Fakultas Farmasi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Putri, E. U. (2012). Uji Penghambatan Aktivitas α-Glukosidase Fraksi dari Ekstrak Metanol Daun Jambu Mete (Anacardium occidentale Linn.) dan Penapisan Fitokimia dari Fraksi Paling Aktif. Skripsi, FMIPA UI.

Rahmatiah. (2018). Studi Pembuatan Brownis Kukus Dengan Substitusi Tepung Daun Singkong (Mannihot utilissima). Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Hasanuddin Makassar.

Ramadhan. (2012). Pembuatan Permen Hard Candy Yang Mengandung Propolis Sebagai Permen Kesehatan Gigi. Skripsi. Departemen Teknik Kimia. Fakultas Teknik. Universitas Indonesia. Depok.

Sularjo, 2010., Pengaruh Perbandingan Gula Pasir dan Daging Buah Pepaya. Jurnal Pangan Dan Gizi. Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri. Universitas Muhammadiyah Malang.

Downloads

Published

2022-12-21

How to Cite

Mukhlis, Maruka, S. S. ., & Nurfadilah. (2022). Pengaruh Penambahan Ekstrak Daun Jambu Mente Terhadap Total Bakteri dan Mutu Sensori Permen Herbal Rumput Laut. Buletin Poltanesa, 23(2), 871–876. https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i2.1930

Issue

Section

Multidisciplinary