Implementasi Pemilihan Pengajar Terbaik Pada TK/TPA Amanah dengan Metode Profile Matching

Authors

  • Ahmad Fajri Teknik Informatika, STMIK Widya Cipta Dharma
  • Muhammad Fahmi Sistem Informasi, STMIK Widya Cipta Dharma

DOI:

https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i2.1878

Keywords:

Sistem Penunjang Keputusan, Pengajar Terbaik, Pandemi, Prototipe, Profilematching

Abstract

Dalam era pandemi covid-19 ini terjadi perubahan sistem pendidikan yang membuat para pengajar kesulitan dalam menentukan metode yang tepat dalam menyelenggarakan yang efektif, sehingga sulit untuk mengontrol sistem pendidikan yang baik agar dapat tersampaikan kepada siswa secara maksimal. Pada sistem penunjang keputusan pengajar terbaik ini difungsikan untuk kepala sekolah agar bisa mengetahui pengajar mana saja  yang bisa menjadi panutan dan dijadikan contoh yang baik pada saat pandemi saat ini. Sistem penunjang keputusan ini dibuat agar memudahkan kepala sekolah dalam mengambil keputusan pengajar terbaik sebagai percontohan dalam metode pembelajaran baik itu daring maupun luring. Ada banyak metode pembelajaran yang beredar dalam dunia pendidikan saat ini, tetapi tidak semua bisa diterapkan pada semua sekolah, karena setiap sekolah memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) yang berbeda beda seperti tingkat pendidikan sekolah maupun fasilitas yang disiapkan setiap daerah berbeda beda pula. Metode yang digunakan penelitian ini menggunakan metode profile matching atau biasa disebut sebagai pencocokan profil. Pada metode profile matching, semua pengajar didata sebagai pembanding antara pengajar satu dengan pengajar lainnya, dan diambil nilai dari metode cara mengajar, agar lebih mudah dalam pembobotan dari setiap metode yang digunakan, dimulai dari luring hingga daring. Selain dinilai dari metode mengajar, disiplin dan sikap dalam mengajar juga menjadi penentu penilaian dalam menentukan pengajar terbaik. Dalam penelitian ini metode yang di gunakan  untuk membangun aplikasi ini adalah prototipe. Rencana kegiatan akan diawali dari mendengarkan yaitu pengumpulan data, observasi, wawancara, studi dokumentasi kemudian membangun sistem penunjang keputusan lalu dilakukan uji coba.

References

Ardiansyah, H. (2017). Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Guru Terbaik dengan Metode TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution) Studi Kasus: SDN Bendungan Hilir 01 Pagi Jakarta Pusat. J. Inform. Univ. Pamulang, 2(2), 89.

Badrul, M. (2021). Penerapan Metode Profile Matching Untuk Menunjang Keputusan Seleksi Pegawai Baru. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, 8(1), 75–82.

Budhi, M. A., & Januhari, N. N. U. (2019). Penerapan Metode Profile Matching dalam Penentuan Jenis Tanaman. Jurnal Sistem dan Informatika (JSI), 13(2), 46–51.

Hasbullah & Suhra, S. (2021). Studi Tentang Prestasi Belajar Pai Alumni Tk-Tpa Pada Siswa Smp Pesantren Putri Al-Manawwarah Desa Panyili Kec. Palakka Kab. Bone. Jurnal Al-Qayyimah, 4(1). 1-24

Idam, F., Junaidi, A., & Handayani, P. (2019). Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Profile Matching Pada Pt. Surindo Murni Agung. Jurnal Infortech, 1(1), 21–27.

Kusrini.(2012). Sistem Pakar. Yogyakarta : Andi.

Latif, L. A., Jamil, M., & Abbas, S. H. (2018). Buku Ajar: Sistem Pendukung Keputusan Teori Dan Implementasi. Deepublish.

Mirdania, A., & Nawindah, N. (2021). Spk Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Terbaik Dengan Metode Analytical Hierarchy Process Dan Simple Additive Weighting. Idealis: Indonesia Journal Information System, 4(1), 117–126.

Mulyani, S. (2017). Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit: Analisis Dan Perancangan. Abdi Sistematika.

Nisa, K., & Sutinah, E. (2018). Profile Matching Untuk Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Vendor Maintenance Server Dan Jaringan.

Pressman, R. S. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak.

Rosa, A. S. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek.

Sari, F. (2018). Metode Dalam Pengambilan Keputusan. Deepublish.

Sundara, T. A., Stephane, I., & Fadli, M. (2019). Spk Penilihan Guru Terbaik Dengan Metode Wp Pada Man 1 Pariaman. Jurnal Informatika, 6(2), 310–321.

Downloads

Published

2022-12-27

How to Cite

Fajri , A. ., & Fahmi, M. . (2022). Implementasi Pemilihan Pengajar Terbaik Pada TK/TPA Amanah dengan Metode Profile Matching. Buletin Poltanesa, 23(2), 816–823. https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i2.1878

Issue

Section

Software Engineering & Informatics