Teknis Perancangan Restoran Terapung Sebagai Penunjang Pariwisata di Coastal Area Pulau Karimun

Authors

  • Admarch Gery Haryoseno Teknik Perkapalan, Universitas Hang Tuah
  • Bagiyo Suwasono Teknik Perkapalan, Universitas Hang Tuah
  • Ali Munazid Teknik Perkapalan, Universitas Hang Tuah
  • Didik Hardianto Teknik Perkapalan, Universitas Hang Tuah

DOI:

https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i2.1836

Keywords:

Coastal Area, Kabupaten Karimun, Kapal, Pariwisata, Restoran Terapung

Abstract

Potensi wisata yang berada di pulau karimun memiliki beberapa destinasi objek wisata yaitu wisata pantai, air terjun, kolam renang, pendakian gunung jantan dan yang terbaru adalah reklamasi daratan yang dikenal dengan Coastal Area. Restoran Terapung adalah sebuah rumah makan yang berdiri di atas permukaan air yang menyajikan dan mengolah makanan hasil potensi laut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan ukuran utama kapal (Principal Dimension), membuat bentuk dari rencana garis kapal (Lines Plan) yang sesuai dengan perairan Pulau Karimun, Kepulauan Riau dan pembuatan rencana umum (General Arrangement) kapal berdasarkan ukuran utama dan fungsi dari kapal sebagai sebuah restoran terapung. Penelitian ini dilakukan menggunakan data sekunder yang digunakan adalah data pembanding. Hasil dari penelitian ini adalah Ukuran utama yang di dapatkan dari hasil metode kapal pembanding didapatkan dengan rata – rata dan di lanjutkan dengan menghasilkan Gross Tonnage: 1409 m, Length Overall Area (Hull) :74,57 m, Length WL :72,26 m, Length BP: 70,84 m, Breadth Moulded: 16,44 m, Depth Moulded :4,15 m, Design Draft :3,11 m, Dead Weight Tonnage: 2,165 ton.

References

Adi, A. F., Amiruddin, W., & Manik, P. 2019. Analisis Stabilitas (Intact, Damage Stability) Kapal Landing Craft Tank (LCT) dikonversi menjadi Livestock Carrier (Kapal Ternak). Jurnal Teknik Perkapalan, 7(4).

Badhuni, R. T. 2014. Kafe Dan Resto Apung Tema: Ranup Lampuan (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Budianto, B. 2017. Penentuan Ukuran Utama dan Rencana Garis Fast Ferry 150 Pax Untuk Penyeberangan Rute Gresik-Bawean. Kapal: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan, 14(1), 1-6.

Choiriyati, N. 2021 Kabupaten Karimun Dalam Angka. BADAN PUSAT STATISTIK KABUPATEN KARIMUN, 319-336.

Dezecot, C. Ahlgren, N. 2011. Document No : SD-A-900-CA-0026-001/Rev. A Project: Glas Dowr – Lay UpCots – Starting 2016 Mooring Analysis Glas Dowr alongside Dolphins. Kantor Pelindo Tanjung Balai Karimun.

Fajri, I. I. 2016. Desain Fasilitas Pelabuhan Perikanan Apung Dalam Rangka Mendukung Kebijakan Pelarangan Transhipment Di Indonesia (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Heriyanto, M., & Gunawan, J. 2020. Identifikasi Karakteristik Pada Industri Restoran Di Surabaya. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 8(2), D310- D314.

Hetharia,Wolter R. And Team. 2019. Perancangan Kapal 1. Program Studi Teknik Perkapalan Jurusan Teknik Perkapalan - Fakultas Teknik Universitas Pattimura Ambon 2019.

Hidayat, M. 2011. Strategi perencanaan dan pengembangan objek wisata (studi kasus pantai Pangandaran Kabupaten Ciamis Jawa Barat). THE Journal: Tourism and Hospitality Essentials Journal, 1(1), 33-44.

Indrawan, K. A., Pramudya, & Soejitno. (2019). Perancangan Kapal Penumpang Cepat Di Pantai Sanur Kapasitas 52 Penumpang Untuk Menunjang Pariwisata Di Nusa Penida, Bali. Seminar Nasional Kelautan XIV, (XIV), 11–17.

Karimunkab. 2016. Gambaran Umum Daerah Kabupaten Karimun. https://karimunkab.go.id/2016/10/23/gambaran-umum-daerah-kabupaten-karimun/[23 Oktober 2016].

Khotimah, K., & Hasanudin, H. (2017). Desain Kapal untuk Wisata Rute Bangsring- Pulau Menjangan – Pulau Tabuhan. Jurnal Teknik ITS, 5(2). https://doi.org/10.12962/j23373539.v5i2.18113.

Kristiyono, T. A., & Azhar, A. 2017. Kajian Eksperimental Stabilitas Kapal Kecil di Lamongan. LPPM Universitas Hang Tuah Surabaya.

Lendoot. 2019. Coastal Area Karimun, pesona Keindahan Pantai dan Kuliner yang Menjanjikan. https://lendoot.com/coastal-area-karimun-pesona-keindahan-pantai-dan-kuliner-yang-menjanjikan/ [29 November 2019].

Marwati, M., Mutmainnah, M., & Setiyadi, R. 2016. Kawasan Peristirahatan Dan Restoran Terapung Di Ruas Jalan Poros Makassar-Malino. Nature: National Academic Journal of Architecture, 3(1), 1-12.

Monica Sari, A., Adji Murtomo, B., & Iswanto, D. 2017. Restoran Apung Di Pantai Marina Semarang Dengan Konsep Arsitektur Neo Vernakular (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Muljadi, Aj. 2012. Kepariwisataan dan perjalanan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Murdiyanto, E., Subardi, A., & Suryadana, I. M. 2018. Faktor Penghambat Pelaksanaan Olah Gerak Beaching Di Kapal Lct. Adinda Diza. Dinamika Bahari, 8(2), 2077-2092.

Muhammad, Deni K. 2018. Penentuan Posisi Kapal Dengan Menggunakan Sistem Baringan Di Kapal Mt. Dewi Maeswara. Karya Tulis.

Rois, A. A., & Utomo, T. P. 2018. Perancangan Interior Restoran Jung Java Di Pesisir Pantai Jepara. Pendhapa, 9(2).

Samberi, D. 2020. Potensi Pengembangan Coastal Area Sebagai Objek Wisata Di Kabupaten Karimun. JURNAL PELITA KOTA, 1(I), 47-59.

Santoso, B., Abdurrahman, N., & Sarwoko. (2016). Analisis Teknis Stabilitas Kapal LCT 200 GT. Jurnal Rekayasa Mesin, Politeknik Negeri Semarang, 11(1).

Somporn, B. 2014. Rencana Garis (Lines Plan). Teknik Permesinan Kapal -Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Page: 1 – 4.

Supriyanto, Y. 2013. Pengembangan Wilayah Pulau-pulau Kecil Berbasis Pariwisata (Kasus: Kabupaten Karimun). Alami: Jurnal Teknologi Reduksi Risiko Bencana, 8(3), 195-579.

Taufiqurrohman, A. 2021. Perancangan Kapal Wisata untuk Menujang Kegiatan Pariwisata Pantai Gemah Kabupaten Tulungagung. Skripsi Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS).

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Haryoseno, A. G. ., Suwasono, B. ., Munazid, A. ., & Hardianto, D. . (2022). Teknis Perancangan Restoran Terapung Sebagai Penunjang Pariwisata di Coastal Area Pulau Karimun. Buletin Poltanesa, 23(2), 925–930. https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i2.1836

Issue

Section

Multidisciplinary