Rekomendasi Pengembangan Agrowisata Taman Bunga Jang Smulen Florist Melalui Bauran Pemasaran

Authors

  • Paisal Ansiska Pendidikan Geografi, Universitas Pattimura
  • Asep Pendidikan Geografi, Universitas Pattimura
  • Ela Hasri Windari Sains Perkopian, Universitas Pat Petulai, Rejang Lebong
  • Gracia Gabrienda Agribisnis, Universitas Pat Petulai, Rejang Lebong
  • Hefri Oktoyoki Kehutanan, Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i2.1772

Keywords:

Taman Bunga, Agrowisata, Rekomendasi, Pengembangan, SWOT

Abstract

Sektor pariwisata merupakan sektor yang potensial yang dapat dikembangkan sebagai salah satu pendapatan di suatu darah. Peminat wisatawan terhadap agrowisata cukup besar, terutama wisatawan manca negara yang ingin menikmati keindahan alam dan budaya Indonesia. Agrowisaya yang merupakan bentuk kegiatan kepariwisataan yang memanfaatkan sektor pertanian sebagai objek wisatanya sangat sesuai untuk menjadi suatu produk baru di bidang pariwisata. Salah satu agrowisata potensial adalah taman bunga Jang Smulen Florist merupakan agrowisata yang terletak di Kabupaten Rejang Lebong. Tujuan dari penelitian ini adalah dapat memberikan strategi pengembangan agrowisata taman bunga Jang Smulen. Perumusan strategi tersebut didapat dari mengidentifikasi faktor internal dan eksternal apa saja yang mempengaruhi agrowisata taman bunga Jang Smulen Florist melalui prilaku pengunjung menurut bauran pemasaran (tempat, harga, promosi, bukti fisik, orang, dan proses). Metode yang digunakan didalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan penentuan responden menggunakan teknik purposive dengan metode sampel tidak sengaja. Berdasarkan data survey yang telah dilakukan akan menghasilkan data faktor internal dan eksternal dan dianalisis menggunakan analisis SWOT dalam penentuan strategi pengembangan. Terdapat faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kepuasan wisatawan. Strategi yang direkomendasikan adalah dengan membuat event diwaktu strategis, pengaturan kembali komposisi dan letak tanaman bunga, menambah dan memperbaiki fasilitas penunjang lainnya produk wisata yang ditawarkan, dan menyediakan paket layanan pada pengunjung dan berbagai macam produk olahan pertanian.

Author Biographies

Paisal Ansiska, Pendidikan Geografi, Universitas Pattimura

 

 

 

Asep, Pendidikan Geografi, Universitas Pattimura

 

 

 

Ela Hasri Windari, Sains Perkopian, Universitas Pat Petulai, Rejang Lebong

 

 

 

Gracia Gabrienda, Agribisnis, Universitas Pat Petulai, Rejang Lebong

 

 

Hefri Oktoyoki, Kehutanan, Universitas Bengkulu

 

 

References

Bagi, F. S., & Reader, J. R. (2012). Factors Affecting Farmer Participation in Agritourism. Journal of Gender, Agriculture and Food Security, 1(3), 1–22.

Barnas, S. G., Muksin, & Merry, M. (2018). Pengembangan Agrowisata Di Kecamatan Ledokombo. Empowering : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–9.

Budiarti, T., Suwarto, & Muflikhati, I. (2013). Pengembangan Agrowisata Berbasis Masyarakat pada Usahatani Terpadu guna Meningkatkan Kesejahteraan Petani dan Keberlanjutan Sistem Pertanian ( Community-Based Agritourism Development on Integrated Farming to Improve the Farmers ’ Welfare and the Sustastai. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia (JIPI), 18(3), 200–207.

Damopolii, E. N., Baruwadi, M. H., & ... (2020). Dampak Agrowisata D’Mooat Strawberi Terhadap Pendapatan Rumah Tangga Petani Hortikultura Di Kecamatan Mooat Kabupaten …. AGRINESIA: Jurnal Ilmiah …. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/AGR/article/view/11812

Erlangga, B. (2015). Magnet Paket Wisata Dalam Menarik Kunjungan Wisatawan Asing Berkunjung Ke Yogyakarta. Jurnal Media Wisata, 13(2), 338–342.

Fajri, D. A., Arifin, Z., & Wilopo. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadapa Keputusan Menabung. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(2), 1–10.

Fauziah, L. M., Kurniati, N., & . I. (2018). Alih Fungsi Lahan Pertanian Menjadi Kawasan Wisata Dalam Perspektif Penerapan Asas Tata Guna Tanah. Acta Diurnal Jurnal Ilmu Hukum Kenotariatan Dan Ke-PPAT-An, 2(1), 102. https://doi.org/10.24198/acta.v2i1.163

Heryati, Y. (2019). Potensi Pengembangan Obyek Wisata Pantai Tapandullu Di Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(1), 56–74. https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/10

Ikasari, H., & Farida, I. (2017). Peningkatan Kepuasan Wisatawan Terhadap Pariwisata Kota Semarang dengan Importance-Performance Analysis. Prosiding Seminal Nasional, Multi Disiplin Ilmu & Call Papers Unisbank Ke-3 (Sendi_U 3), 3, 568–575.

Imran, H. A. (2017). Peran Sampling dan Distribusi Data dalam Penelitian Komunikasi Pendekatan Kuantitatif. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 21(1), 111–126. https://media.neliti.com/media/publications/196593-ID-peran-sampling-dan-distibusi-data-dalam.pdf

Karimah, M., Setiadi, A., & Mukson. (2021). Analisis Kepuasan Pengunjung terhadap Kualitas Pelayanan Agrowisata Omah Salak. Jurnal Socioeconomics of Agriculture (SOCA), 15(1).

Lestariningssih, U., Setiadi, A., & Setiyawan, H. (2018). Analisis Pengaruh Agrowisata Terhadap Peningkatan Pendapatan Petani Bunga Krisan Di Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. AGRISAINTIFIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 2(1), 51. https://doi.org/10.32585/ags.v2i1.218

Mardianis, M., & Syartika, H. (2018). Kontribusi Sektor Pariwisata terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Kerinci. Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik, 09(1), 53–65. https://doi.org/10.22212/jekp.v9i1.972

Mpila, G. P., Gosal, P. H., & Mononimbar, W. (2020). Pengembangan Kawasan Agrowisata Di Kecamatan Modoinding. Spasial, 7(2), 176–185.

Muchamad, Z. (2012). Perencanaan Strategis Kepariwisataan Daerah Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: e-gov publishing. http://thesis.umy.ac.id/datapubliknonthesis/EBUMY2292.pdf

Palit, I. G., Talumingan, C. . ., & Rumagit, G. A. J. (2017). Strategi Pengembangan Kawasan Agrowisata Rurukan. Agri-Sosioekonomi, 13(2A), 21. https://doi.org/10.35791/agrsosek.13.2a.2017.16558

Rizal, A., Alshaf, P., & Ardiansyah. (2017). Event Marketing Nyadran Dalam Meningkatkan Kunjungan. Seminar Nasioanl Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNIPMA, 162–165.

Rosita, Marhanah, S., & Wahadi, W. H. (2016). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 13(1), 61–72.

Setiawan, I. (2019). Potensi Destinasi Wisata Di Indonesia Menuju Kemandirian Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call for Papers Unisbank (Sendi_U), 53(9), 1689–1699. https://media.neliti.com/media/publications/173034-ID-potensi-destinasi-wisata-di-indonesia-me.pdf

Sihotang, D. S., & Hidir, A. (2022). Strategi Pengelolaan Ekowisata Berbasis Joint Tourism Pada Objek Wisata Sungai Gagak di Desa Koto Mesjid, Kabupaten Kampar, Riau. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.36256/ijtl.v3i1.171

Sjamsir, Z. (2017). Pengembangan pertanian dalam Pusaran Kearifan Lokal (R. Patta (ed.)). CV Sah Media.

Supriyanto, W., & Iswandari, R. (2017). Kecenderungan Sivitas Akademika dalam Memilih Sumber Referensi untuk Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Perguruan Tinggi. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 13(1), 79. https://doi.org/10.22146/bip.26074

Utama, B., & Ruspendi, J. I. W. (2015). Agrowisata Sebagai Pariwisata Alternatif Indonesia: Solusi masif Pengentasan Kemiskinan (S. Rizky (ed.); 1st ed.). Deepublish.

Widyarini, I. G. A., & Sunarta, I. N. (2019). Dampak Pengembangan Sarana Pariwisata Terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung Di Wisata Alam Air Panas Angseri, Tabanan. Jurnal Destinasi Pariwisata, 6(2), 217. https://doi.org/10.24843/jdepar.2018.v06.i02.p03

Downloads

Published

2022-12-11

How to Cite

Ansiska, P., Asep, Windari, E. H., Gabrienda, G., & Oktoyoki, H. (2022). Rekomendasi Pengembangan Agrowisata Taman Bunga Jang Smulen Florist Melalui Bauran Pemasaran. Buletin Poltanesa, 23(2), 423–429. https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i2.1772

Issue

Section

Culture and Tourism