Pendampingan Penggunaan Learning Management System (LMS) “SIPAKAINGE” Pada Guru Di SMKS Muhammadiyah Sidenreng Rappang

Authors

  • Rustam Efendy Rasyid Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Wahyudi Bisnis Digital, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Usman M Teknologi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

DOI:

https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i2.1593

Keywords:

pendampingan, keterampilan, sistem manajemen pembelajaran, guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan penggunaan LMS (Learning Management System) bagi guru dengan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Pembelajaran Kreatif Inovatif untuk Generasi Emas (SIPAKAINGE). Kegiatan ini dilaksanakan di SMKS Muhammadiyah Sidenreng Rappang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah memberikan pendampingan LMS kepada guru di SMKS Muhammadiyah Sidenreng Rappang dengan rincian kegiatan mulai dari survei, sosialisasi, dan pendampingan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan SPSS-26. Dari penelitian ini diketahui bahwa guru di SMKS Muhammadiyah Sidenreng Rappang membutuhkan LMS untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran. Selain itu, untuk kelancaran LMS ini, para guru membutuhkan pendampingan dan pelatihan. Dengan pendampingan ini, para guru termotivasi dan lebih percaya diri untuk menggunakan LMS.

 

 

Author Biographies

Rustam Efendy Rasyid, Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

 

 

 

Wahyudi, Bisnis Digital, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

 

 

 

Usman M, Teknologi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

 

 

References

Akbar, A., & Noviani, N. (2019, July). Tantangan dan solusi dalam perkembangan teknologi pendidikan di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Aswadi, R. E. (2020). Efektivitas Program Belajar Dari Rumah (BDR) Model Daring Dalam Mas Pandemi Covid-19 . Konfersensi Nasional Ilmu Komputer (KONIK) (hal. 146-150). Kendari: Aptikom Wil. IX Sulawesi .

Fahmi, M. H. (2020). Komunikasi synchronous dan asynchronous dalam e-learning pada masa pandemic covid-19. Jurnal Nomosleca, 6(2).

Firdianti, A. (2018). Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Gre Publishing.

Firmansyah, R. A. (2013). Desain Integrasi Learning Content Management System pada Cloud-Base Sistem Informasi Sekolah sebagai Peningkatan Keunggulan Daya Saing. Yogyakarta: STIMIK AMIKOM.

Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., Miarsyah, M., Ali, A., Arif, W. P., & Prayitno, T. A. (2019). HOTS-AEP: Higher Order Thinking Skills from Elementary to Master Students in Environmental Learning. European Journal of Educational Research, 8(4), 935-942.

Rasyid, E. R. 2021. Desain Bahan Ajar Berbasis Android Berbasis Android melalui Aplikasi SAC3.0 di SMK Muhammadiyah Sidenreng Rappang. Rappang. Jakarta: HAKI (EC00202129676) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. .

Rasyid, R. E. (2019). Higher Order Thinking Skills. Cirebon: CV. Syntax Corporation Indonesia.

Siregar, H. D. P. (2020). Dilema Pembelajaran Online: Antara Efektifitas Dan Tantangan. Mimbar Agama Budaya, 37(2), 124-132.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.

Vincent II, J. W. 2019. “Community development practice,” in Rhonda, P. dan Pittman, R. H. (ed.) An Introduction to Community Development. New York: Routledge, hal. 58– 74.

Wandasari, Y. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) sebagai pembentuk pendidikan berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325-342.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263-278).

Zulkifli, N. F. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Edu Maspul Jurnal Pendidikan. Volume 5 No. 1 , 71-77.

Zuraiyah, T. A. (2021). Evalusi Pelatihan Learning Management System Berbasis Monsu’ani Tano Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 4, No. 2, Bulan Oktober, 2021 139 Moodle Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Sekolah Vokasi Universitas Pakuan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 5 (2) , 585–595.

Downloads

Published

2022-12-27

How to Cite

Efendy Rasyid, R., Wahyudi, & Usman M. (2022). Pendampingan Penggunaan Learning Management System (LMS) “SIPAKAINGE” Pada Guru Di SMKS Muhammadiyah Sidenreng Rappang. Buletin Poltanesa, 23(2), 583–587. https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i2.1593