Pendampingan Penggunaan Learning Management System (LMS) “SIPAKAINGE” Pada Guru Di SMKS Muhammadiyah Sidenreng Rappang
DOI:
https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i2.1593Keywords:
pendampingan, keterampilan, sistem manajemen pembelajaran, guruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan penggunaan LMS (Learning Management System) bagi guru dengan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Pembelajaran Kreatif Inovatif untuk Generasi Emas (SIPAKAINGE). Kegiatan ini dilaksanakan di SMKS Muhammadiyah Sidenreng Rappang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah memberikan pendampingan LMS kepada guru di SMKS Muhammadiyah Sidenreng Rappang dengan rincian kegiatan mulai dari survei, sosialisasi, dan pendampingan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan SPSS-26. Dari penelitian ini diketahui bahwa guru di SMKS Muhammadiyah Sidenreng Rappang membutuhkan LMS untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran. Selain itu, untuk kelancaran LMS ini, para guru membutuhkan pendampingan dan pelatihan. Dengan pendampingan ini, para guru termotivasi dan lebih percaya diri untuk menggunakan LMS.
References
Akbar, A., & Noviani, N. (2019, July). Tantangan dan solusi dalam perkembangan teknologi pendidikan di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Aswadi, R. E. (2020). Efektivitas Program Belajar Dari Rumah (BDR) Model Daring Dalam Mas Pandemi Covid-19 . Konfersensi Nasional Ilmu Komputer (KONIK) (hal. 146-150). Kendari: Aptikom Wil. IX Sulawesi .
Fahmi, M. H. (2020). Komunikasi synchronous dan asynchronous dalam e-learning pada masa pandemic covid-19. Jurnal Nomosleca, 6(2).
Firdianti, A. (2018). Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Gre Publishing.
Firmansyah, R. A. (2013). Desain Integrasi Learning Content Management System pada Cloud-Base Sistem Informasi Sekolah sebagai Peningkatan Keunggulan Daya Saing. Yogyakarta: STIMIK AMIKOM.
Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., Miarsyah, M., Ali, A., Arif, W. P., & Prayitno, T. A. (2019). HOTS-AEP: Higher Order Thinking Skills from Elementary to Master Students in Environmental Learning. European Journal of Educational Research, 8(4), 935-942.
Rasyid, E. R. 2021. Desain Bahan Ajar Berbasis Android Berbasis Android melalui Aplikasi SAC3.0 di SMK Muhammadiyah Sidenreng Rappang. Rappang. Jakarta: HAKI (EC00202129676) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. .
Rasyid, R. E. (2019). Higher Order Thinking Skills. Cirebon: CV. Syntax Corporation Indonesia.
Siregar, H. D. P. (2020). Dilema Pembelajaran Online: Antara Efektifitas Dan Tantangan. Mimbar Agama Budaya, 37(2), 124-132.
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.
Vincent II, J. W. 2019. “Community development practice,” in Rhonda, P. dan Pittman, R. H. (ed.) An Introduction to Community Development. New York: Routledge, hal. 58– 74.
Wandasari, Y. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) sebagai pembentuk pendidikan berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325-342.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263-278).
Zulkifli, N. F. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Edu Maspul Jurnal Pendidikan. Volume 5 No. 1 , 71-77.
Zuraiyah, T. A. (2021). Evalusi Pelatihan Learning Management System Berbasis Monsu’ani Tano Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 4, No. 2, Bulan Oktober, 2021 139 Moodle Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Sekolah Vokasi Universitas Pakuan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 5 (2) , 585–595.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright of this article is transferred to Buletin Poltanesa and Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, when the article is accepted for publication. the authors transfer all and all rights into and to paper including but not limited to all copyrights in the Buletin Poltanesa. The author represents and warrants that the original is the original and that he/she is the author of this paper unless the material is clearly identified as the original source, with notification of the permission of the copyright owner if necessary.
A Copyright permission is obtained for material published elsewhere and who require permission for this reproduction. Furthermore, I / We hereby transfer the unlimited publication rights of the above paper to Poltanesa. Copyright transfer includes exclusive rights to reproduce and distribute articles, including reprints, translations, photographic reproductions, microforms, electronic forms (offline, online), or other similar reproductions.
The author's mark is appropriate for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all coauthor. This Agreement shall be signed by at least one author who has obtained the consent of the co-author (s) if applicable. After the submission of this agreement is signed by the author concerned, the amendment of the author or in the order of the author listed shall not be accepted.