Pemberdayaan Siswa Disabilitas dalam Meningkatkan Life Skill di Sekolah Luar Biasa melalui Keterampilan Fisik

Authors

  • Brilianita Puspa Putri Anggun Rusady Manajemen, Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Ramadio Akbar Saputra Manajemen, Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Aranssa Dwiveronikca Rajagukguk Manajemen, Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Dormauli Sijabat Manajemen, Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Putri Nanda Ika Ariyanto Manajemen, Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Marjam Desma Rahadhini Manajemen, Universitas Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i2.1378

Keywords:

Siswa Disabilitas, Pemberdayaan, life skill, Sekolah Inklusi, Keterampilan fisik

Abstract

Abstrak - Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mengambil obyek sekolah inklusi Yayasan Pembinaan Anak Cacat Profesor Doktor Soeharso Surakarta. Tujuan dilakukan pengabdian untuk memberikan pelatihan life skill bagi siswa disabilitas untuk membangun kemandirian, keterampilan dan karakter siswa disabilitas di YPAC Profesor Doktor Soeharso Surakarta. Beberapa permasalahan yang dihadapi, antara lain: 1) belum adanya pendidikan life skill di sekolah inklusi YPAC Profesor Doktor Soeharso Surakarta 2) siswa disabilitas di YPAC Profesor Doktor Soeharso belum diberikan pelatihan dan pendampingan mengenai Pendidikan life skill. Metode penyelesaian masalah dalam program PKM dengan metode penyelesaian berupa pelatihan dan pendampingan tentang life skill khususnya keterampilan fisik. Pada akhir kegiatan pemberdayaan ini diharapkan siswa disabilitas di Sekolah Inklusi YPAC Profesor Doktor Soeharso Surakarta memiliki peningkatan life skill yang nantinya dapat terwujud menjadi siswa disabilitas yang mandiri, terampil dan berkarakter. Luaran dari kegiatan pengabdian ini, artikel pengabdian yang dimuat di Jurnal Pengabdian Terakreditasi Nasional.

References

Akbar, Ramadio. (2022). Pemberdayaan Siswa Disabilitas YPAC Profesor Doktor Soeharso Surakarta Melalui Program “Mantap Penampil” (Mandiri, Terampil, Berkarakter Penerapan Enam Pilar Life Skill). Laporan PKM-PM. Universitas Slamet Riyadi, Surakarta.

Ananda, Shalsabila. (2019). “Pemberdayaan Penyandang Disabilitas melalui Pelatihan Pembuatan Boneka Bantal untuk Anak Down Syndrome di Desa Panciro”. Icodie Jurnal Penelitian, 217-240.

Jauhari, A. (2017). Pendidikan Inklusi Sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Permasalahan Sosial Anak Penyandang Disabilitas. Journal of Social Science Teaching. 1 (1):24-27.

Muin, M.E., Ismoyo, A., Windarwati, W., Nuranti, A. dan Trihantoro, D. (2014). Buku Himpunan Materi Program Generasi Berencana (GenRe). Edisi ke-1. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. Jakarta.

Nurakhmi, Riksma dkk. (2019). Menemukenali dan Menstimulasi Anak Penyandang Disabilitas. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Indonesia.

Nurlaily. (2019). Modul Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Repository Amikom. http://repository.uinsu.ac.id/7570/1/MODUL%20PENGEMB.%20MOTORIK%20HALUS%20AUD.pdf

Pemerintah Indonesia. (2016). Undang-Undang No 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Lembaran Negara RI Tahun 2016, No 69. Sekretariat Negara. Jakarta.

Siregar, N., & Lestari, W. (2018). Peranan permainan tradisional dalam mengembangkan kemampuan matematika anak usia sekolah dasar. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 1-7.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Anggun Rusady, B. P. P., Saputra, R. A., Rajagukguk, A. D., Sijabat, D., Ariyanto, P. N. I., & Rahadhini, M. D. (2022). Pemberdayaan Siswa Disabilitas dalam Meningkatkan Life Skill di Sekolah Luar Biasa melalui Keterampilan Fisik. Buletin Poltanesa, 23(2), 629–635. https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i2.1378

Issue

Section

Health Science