Pemberdayaan Siswa Disabilitas dalam Meningkatkan Life Skill di Sekolah Luar Biasa melalui Keterampilan Fisik
DOI:
https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i2.1378Keywords:
Siswa Disabilitas, Pemberdayaan, life skill, Sekolah Inklusi, Keterampilan fisikAbstract
Abstrak - Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mengambil obyek sekolah inklusi Yayasan Pembinaan Anak Cacat Profesor Doktor Soeharso Surakarta. Tujuan dilakukan pengabdian untuk memberikan pelatihan life skill bagi siswa disabilitas untuk membangun kemandirian, keterampilan dan karakter siswa disabilitas di YPAC Profesor Doktor Soeharso Surakarta. Beberapa permasalahan yang dihadapi, antara lain: 1) belum adanya pendidikan life skill di sekolah inklusi YPAC Profesor Doktor Soeharso Surakarta 2) siswa disabilitas di YPAC Profesor Doktor Soeharso belum diberikan pelatihan dan pendampingan mengenai Pendidikan life skill. Metode penyelesaian masalah dalam program PKM dengan metode penyelesaian berupa pelatihan dan pendampingan tentang life skill khususnya keterampilan fisik. Pada akhir kegiatan pemberdayaan ini diharapkan siswa disabilitas di Sekolah Inklusi YPAC Profesor Doktor Soeharso Surakarta memiliki peningkatan life skill yang nantinya dapat terwujud menjadi siswa disabilitas yang mandiri, terampil dan berkarakter. Luaran dari kegiatan pengabdian ini, artikel pengabdian yang dimuat di Jurnal Pengabdian Terakreditasi Nasional.
References
Ananda, Shalsabila. (2019). “Pemberdayaan Penyandang Disabilitas melalui Pelatihan Pembuatan Boneka Bantal untuk Anak Down Syndrome di Desa Panciro”. Icodie Jurnal Penelitian, 217-240.
Jauhari, A. (2017). Pendidikan Inklusi Sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Permasalahan Sosial Anak Penyandang Disabilitas. Journal of Social Science Teaching. 1 (1):24-27.
Muin, M.E., Ismoyo, A., Windarwati, W., Nuranti, A. dan Trihantoro, D. (2014). Buku Himpunan Materi Program Generasi Berencana (GenRe). Edisi ke-1. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. Jakarta.
Nurakhmi, Riksma dkk. (2019). Menemukenali dan Menstimulasi Anak Penyandang Disabilitas. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Indonesia.
Nurlaily. (2019). Modul Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Repository Amikom. http://repository.uinsu.ac.id/7570/1/MODUL%20PENGEMB.%20MOTORIK%20HALUS%20AUD.pdf
Pemerintah Indonesia. (2016). Undang-Undang No 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Lembaran Negara RI Tahun 2016, No 69. Sekretariat Negara. Jakarta.
Siregar, N., & Lestari, W. (2018). Peranan permainan tradisional dalam mengembangkan kemampuan matematika anak usia sekolah dasar. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 1-7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright of this article is transferred to Buletin Poltanesa and Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, when the article is accepted for publication. the authors transfer all and all rights into and to paper including but not limited to all copyrights in the Buletin Poltanesa. The author represents and warrants that the original is the original and that he/she is the author of this paper unless the material is clearly identified as the original source, with notification of the permission of the copyright owner if necessary.
A Copyright permission is obtained for material published elsewhere and who require permission for this reproduction. Furthermore, I / We hereby transfer the unlimited publication rights of the above paper to Poltanesa. Copyright transfer includes exclusive rights to reproduce and distribute articles, including reprints, translations, photographic reproductions, microforms, electronic forms (offline, online), or other similar reproductions.
The author's mark is appropriate for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all coauthor. This Agreement shall be signed by at least one author who has obtained the consent of the co-author (s) if applicable. After the submission of this agreement is signed by the author concerned, the amendment of the author or in the order of the author listed shall not be accepted.