Analisa Loyalitas Pelanggan Fraser Residence Menteng yang Dipengaruhi Kualitas Pelayanan, Promosi, Persepsi Harga dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi
DOI:
https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i2.1356Keywords:
Kualitas pelayanan, Promosi, Persepsi Harga, Loyalitas pelanggan, Kepuasan PelangganAbstract
Tujuan di dalam penelitian ini untuk menganalisa Loyalitas pelanggan yang dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, promosi dan persepsi harga dan cara meningkatkannya. Data diperoleh pada bulan April 2022 dengan jumlah 130 responden yang merupakan pelanggan. Teknik yang digunakan adalah teknik Roscoe untuk mengambil penelitian, lalu dikurangi 30 responden untuk uji Validitas maupun uji Reliabilitas menggunakan software SPSS. kemudian 100 responden yang digunakan untuk uji path analisis menggunakan software SmartPls semuanya adalah pengunjung di Fraser Residence Menteng. Dengan menggunakan analisis Teknik jalur untuk melihat jalur langsung dan tidak langsung sebagai variable terikat terhadap variable tidak terikat. Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan sebagai berikut: Kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, Promosi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, Persepsi harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, Kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, Promosi tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, Persepsi harga berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, Kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, Kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan, Promosi tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan melalui loyalitas pelanggan, persepsi harga berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan.
References
Abdul Muzammil1, Mukhlis Yunus2, N. D. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome PT. Telkom Indonesia di Banda Aceh Dengan Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi. Journal Manajemen Inovasi, 8(3), 37–51. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jmi.v8i3.9342
Afandi, M. R., Setyowati, T., & Saidah, N. (2019). Dampak Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Pada Dira Cafe & Pool Pontang Ambulu Jember. Jurnal Penelitian IPTEKS, 4(1), 79. https://doi.org/10.32528/ipteks.v4i1.2111
Anggia, T. R., Kawet, L., & Ogi, I. (2015). Analisis pengaruh strategi promosi, harga, dan kepuasan terhadap loyalitas konsumen surat kabar manado post. 3(2), 1041–1050.
Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94
Arianto, N. (2019). PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN SERTA BERDAMPAK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. 7(1), 44–54.
Basith, A. (2014). KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN ( Survei pada Pelanggan De ’ Pans Pancake and Waffle di Kota Malang ). 11(1).
Dan, P. K., & Bahrudin, M. (n.d.). LOYALITAS PELANGGAN.
Firatmadi, A., Jayabaya, U., Service, P. A., Harga, P., Pelanggan, K., & Service, A. (2017). Journal of business studies. 2(2), 80–105.
Firmansyah, D. M. A. (2018). PERILAKU KONSUMEN. Budi Utama.
Hair Jr, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) using R: A workbook. In Springer.
Juniantari, N. L. P., Anggraini, N. P. N., & Hendrawan, I. gde Y. (2020). JUIMA : Jurnal Ilmu Manajemen JUIMA : Jurnal Ilmu Manajemen. 10, 1–16. http://ejournal.unmas.ac.id/index.php/juima/article/view/1389/1190
Lestari, T., Indriastuti, N., Noviatun, A., & Hikmawati, L. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online Grab-Car Di Jakarta. Prosiding SENDU_U_2019, 21(1), 978–979.
Putri, F. K., Tumbel, A. L., & Djemly, W. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt . Matahari Department Store Di Mantos 2 Effect Of Service Quality And Customer Satisfaction On Customer Loyalty At Pt . Matahari Department Store In Mantos 2. Jurnal EMBA, 9(1), 1428–1438. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v9i1.33202
Putri, Y. L., & Utomo, H. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Comp Ambarawa). Among Makarti, 10(1), 70–90. https://doi.org/10.52353/ama.v10i1.147
Ritonga, H. M., & Pane, D. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Honda Idk 2 Medan. 12(2), 30–44. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32493/skr.v6i2.5541
Rivai, A. R., & Wahyudi, T. A. (n.d.). Pengaruh Persepsi Kualitas , Citra Merek , Persepsi Harga terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. 29–37.
Ronasih, M. Y., & Widhiastuti, H. (2021). Kualitas Pelayanan, Faktor Emosional dan Persepsi Harga terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen. PHILANTHROPY: Journal of Psychology,5(1),109. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v5i1.3303
Sembiring, I. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan McDonaldâs MT.Haryono Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 15(1), 84504.
Setyowati, E. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Pemediasi. Jurnal Manajemen Dayasaing, 18(2), 102. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v18i2.4507
Supertini, N. P. S., Telagawati, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2020). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Pusaka Kebaya di Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 61. https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i1.26201
Tiong, P. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS Effect Of Quality Of Service To Customer Loyalty PT . Primagum Sejati In Makassar. 1(2), 176–204. https://doi.org/https://doi.org/10.37531/sejaman.v1i2.228
Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran (A. Diana (ed.)). ANDI OFFSET.
Yuliyanto, W. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan di Toko Aleea Shopid Kebumen. 1(2), 168–172.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright of this article is transferred to Buletin Poltanesa and Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, when the article is accepted for publication. the authors transfer all and all rights into and to paper including but not limited to all copyrights in the Buletin Poltanesa. The author represents and warrants that the original is the original and that he/she is the author of this paper unless the material is clearly identified as the original source, with notification of the permission of the copyright owner if necessary.
A Copyright permission is obtained for material published elsewhere and who require permission for this reproduction. Furthermore, I / We hereby transfer the unlimited publication rights of the above paper to Poltanesa. Copyright transfer includes exclusive rights to reproduce and distribute articles, including reprints, translations, photographic reproductions, microforms, electronic forms (offline, online), or other similar reproductions.
The author's mark is appropriate for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all coauthor. This Agreement shall be signed by at least one author who has obtained the consent of the co-author (s) if applicable. After the submission of this agreement is signed by the author concerned, the amendment of the author or in the order of the author listed shall not be accepted.