Komunikasi Massa sebagai Penguatan Pakem Berbusana Adat ke Pura Bagi Kaum Milenial di Era Globalisasi

Authors

  • Edy Chandra Pendidikan Seni dan Budaya Keagamaan Hindu, Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram, Nusa Tenggara Barat

DOI:

https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i1.1281

Keywords:

Komunikasi Massa, Pakem, Busana Adat Ke Pura, Kaum Milenial, Globalisasi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian terhadap komunikasi massa sebagai penguatan pakem berbusana adat ke pura bagi kaum milenial di era globalisasi. Penelitian ini dirancang dalam jenis penelitian kualitatif dengan model fenomenologi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan temuan penting bahwa globalisasi telah memberikan dampak terhadap aspek kebudayaan masyarakat kaum milenial di Kota Mataram dalam hal berbusana adat ke pura. Dampak globalisasi ini telah mengubah tata cara berbusana dikalangan kaum milenial yang tidak sesuai dengan pakem atau aturan yang berorientasi pada nilai filosofi dan etika kesopanan dalam berbusana adat ke pura. Dinamika dan problematik berbusana adat ke pura yang tidak sesuai pakem di kalangan kaum milenial Hindu di Kota Mataram dewasa ini perlu disikapi dan dihadirkan solusi yang paling efektif guna mengembalikan pakem dalam berbusana adat ke pura. Komunikasi massa dengan media sebagai saluran utamanya dapat dipandang sebagai salah satu solusi yang paling efektif di era globalisasi saat ini. Hal ini dikarenakan media massa dengan karakteristiknya dapat menyebarkan informasi secara cepat dan dapat mempengaruhi khalayak secara luas dapat dimanfaatkan dalam memberikan pemahaman terkait penguatan pakem berbusana adat ke pura dikalangan kaum milenial di Kota Mataram.

References

Agung, A.A. 2004. “Busana Adat Bali”. Denpasar: Pustaka Bali Post.
Ayu, K.T, dkk. 2021. “Fenomena Berpakaian Adat Bali Kekinian di Kalangan Siswa SMAN 1 Sawan dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar SMA di Kels X”. Pendidikan Sosiologi. Universitas Pendidikan Ganesa E-Journal. Vol. 3 No. 1. Hal. 28-36.
Cahyono, A.S. 2015. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia”. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Tulungagung. Jurnal Publiciana Publiciana, Vol. 8. No. 1. Hal. 140-157. Nopember 201.
Cangara, H.H. 2010. “Pengantar Ilmu Komunikasi”. Jakarta: PT. RAJAGRAFINDOPERSADA.
Ghifarie, Ibn. 2018. “Merayakan Keragaman”. Jakarta Selatan: Expose.
Halik, A. 2013. “Komunikasi Massa”. UIN Alaudin Makassar. Makassar.
Heriani & Wardana. 2008. “Perkembangan Busana Adat ke Pura Masyarakat Hindu Bali dalam Era Globalisas”i. Acarya Pustaka. Vol. 5. No. 1 Hal. 8-13.
Immanuel, Gabriel dan Sri Tunggul Panindriya. (2020). “Dampak Globalisasi Terhadap Gaya Berpakaian Generasi Z Bali” Vol. 1 No. 2 Hal. 162-175. COMMENTATE Journal of Communication Management.
Jayanti, I. N. 2008.” Perempuan dalam Gaya Hidup. Kebaya dan Gaya Hidup Perempuan Bali. Kembang Ramapi Perempuan Bali”. Pusat Studi Universitas Udayana. Denpasar
Margono. 2003. “Metode Penelitian Pendidikan”. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Morisan. 2021. “Teori Komunikasi Individu Hingga Massa”.Jakarta: Kencana.
Prabawa, M.S & Gunawarman. 2019. “A Study of The Ideal Home Space Needs of Urban Millennials Families, Based on Life Cycle Space (Case Study of Housing in East Denpasar). Proceedings of the 2nd Warmadewa Research and Development Seminar.
Putra. D.N.T.K, dkk. 2018.” Perubahan Gaya Berbusana Adat ke Pura Bagi Remaja Hindu Bali di SMA Negeri 5 Mataram”. Jurnal Ilmiah Sosiologi. Vol 1 No. 2 Hal. 1-10.
Sarwono, J. 2006. “Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif”. Yogyakarta: Graha Ayu.
Sugiyono. 2005. “Memahami Penelitian Kualitatif”. Bandung: Alpabeta.
Sugiyono. 2013. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. “Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”). Bandung: Alfabeta.
Sumadiria, H. 2014. “Sosiologi Komunikasi Massa”. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Surahman, S. 2013.” Dampak Globalisasi Media Terhadap Seni dan Budaya Indonesia”. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Serang Raya. Banten. Jurnal Komunikasi Vol.2 No. 1 April 2013. Hal. 29-39
Wahyono, Hari. 2005.” Makna dan Fungsi Teori dalam Proses Berfikir Ilmiah dan dalam Proses Penelitian Bahasa”. FKIP. Universitas Tidar Maggelang. Vol. 23. No. 1. Hal. 203-2011
Widana, I.G.K. 2011. “Menyoroti Etika Umat Hindu ke Pura Berpenampilan Selebritis” Denpasar: Pustaka Bali Post.

Downloads

Published

2022-06-20

How to Cite

Chandra, E. (2022). Komunikasi Massa sebagai Penguatan Pakem Berbusana Adat ke Pura Bagi Kaum Milenial di Era Globalisasi. Buletin Poltanesa, 23(1), 1–7. https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i1.1281

Issue

Section

Culture and Tourism