Analisis Student Adaptation to College Qestionnaire (SACQ) sebagai Instrumen Pengukuran Penyesuaian di Perguruan Tinggi pada Mahasiswa Baru

Authors

  • Haura Aurora Safira Nyimas Psikologi, Fakultas Humaniora dan Bisnis Universitas Pembangunan Jaya
  • Runi Rulanggi Psikologi, Fakultas Humaniora dan Bisnis Universitas Pembangunan Jaya

DOI:

https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i1.1247

Keywords:

penyesuaian, perguruan tinggi, pilot study

Abstract

Penyesuaian diri adalah hal yang dibutuhkan individu untuk sukses menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari. Penyesuaian diri, termasuk dalam konteks pendidikan dibutuhkan siswa agar sukses dalam bidang akademik. Penelitian ini hendak menganalisis skala Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ) sebagai alat ukur penyesuaian di perguruan tinggi pada mahasiswa baru. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei. Partisipan penelitian ini adalah 85 orang mahasiswa berusia 18 - 25 tahun yang berdomisili di Tangerang Selatan. Pengumpulan data dilakukan secara online dengan menggunakan metode convenience sampling. Instrumen penelitian menggunakan Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ) untuk mengukur college adjustment pada mahasiswa baru. Uji reliabilitas dilakukan dengan teknik cronbach alpha. Analisis aitem dilakukan dengan menggunakan teknik item discrimination. Data yang dikumpulkan diolah dengan menggunakan software JASP versi JASP 0.16.2.0. Hasil pengujian reliabilitas menunjukkan bahwa skala SACQ (Student Adaptation to College Questionnaire) memiliki koefisien korelasi alfa sebesar 0,873. Hasil uji validitas menunjukkan daya diskriminasi aitem berkisar antara 0,149-0,593. Terdapat beberapa aitem yang membutuhkan revisi atau penggantian. Akan tetapi secara keseluruhan, SACQ cukup valid dan reliabel sehingga alat ukur ini layak digunakan dalam penelitian yang berupaya untuk mengkaji penyesuaian di perguruan tinggi pada mahasiswa. Hasil studi pendahuluan ini memberikan hasil yang menarik untuk tindak lanjut kegiatan penelitian di masa mendatang yang terkait dengan penyesuaian di perguruan tinggi dengan mengaitkannya dengan variabel lain yang terkait pada konteks kehidupan terkini.

References

Al-Khatib, B. A., Awamleh, H. S., & Samawi, F. S. (2012). Student’s adjustment to college life at Albalqa Applied University. American International Journal of Contemporary Research, 2(11), 7–16. http://www.aijcrnet.com/journals/Vol_2_No_11_November_2012/2.pdf
Fanani, Q., & Jainurakhma, J. (2020). Kemampuan penyesuaian diri mahasiswa terhadap pembelajaran daring di tengah pandemi covid-19. Jurnal KomtekInfo, 7(4), 285–292. https://doi.org/10.35134/komtekinfo.v7i4
Herdiansyah, R., Rahmi, F., & Sari, L. (2021). Gambaran college adjustment pada mahasiswa angkatan 2020. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan , 1(3), E-ISSN: 2798-365X , DOI: 10.47709/educendikia.v1i3.1229
Irawan, M. R., Putri, A. M., Lestari, S. M. P., & Farich, A. (2021). Hubungan locus of control dan dukungan sosial dengan college adjusment terhadap mahasiswa fakultas kedokteran umum Universitas Malahayati angkatan tahun 2019. Manuju: Malahayati Nursing Journal, 3(3), 432–444.
Mattanah, J. F. (2016). College student psychological adjustment: Theory, method, and statistical trend. In Encyclopedia of Gerontology and Population Aging. Momentum Press. https://doi.org/10.1007/978-3-030-22009-9_301961
Nurfitriana, P. (2016). Penyesuaian diri pada mahasiswa tahun pertama di fakultas psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi Universitas Muhammadiya Surakarta.
Rahayu, M. N. M., & Arianti, R. (2020). Penyesuaian mahasiswa tahun pertama di perguruan tinggi :
Seniati, L., Yulianto, A., & Setiadi, B. N. (2011). Psikologi eksperimen. PT Indeks.
Shultz, K.S., Whitney, D.J., & Zickar, M.J. (2014). Measurement Theory in Action
Case Studies and Exercises, Second Edition. London : Routledge.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Vionita, S., & Hastuti, R. (2021). Gambaran college adjustment mahasiswa baru di masa pandemi covid-19. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 5(1), 73–81. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v5i1.9971

Downloads

Published

2022-06-20

How to Cite

Nyimas, H. A. S., & Rulanggi, R. (2022). Analisis Student Adaptation to College Qestionnaire (SACQ) sebagai Instrumen Pengukuran Penyesuaian di Perguruan Tinggi pada Mahasiswa Baru. Buletin Poltanesa, 23(1), 112–117. https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i1.1247

Issue

Section

Education