Analisis Pelaksanaan Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) di STKIP Pembangunan Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i1.1210Keywords:
Analisis pembelajaran, model pembelajaran, pembelajaran jaringan, pembelajaran daring, STKIP PI.Abstract
Jenis penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari – Februari 2021. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran daring atau pembelajaran dalam jaringan yang dilakukan pada mahasiswa semester satu prodi Pendidikan Biologi STKIP Pembangunan Indonesia selama adanya pandemi Covid. Sampel penelitian adalah semua mahasiswa semester satu kelas A dan B prodi Pendidikan Biologi STKIP Pembangunan Indonesia. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Melakukan validasi isi sebelum menggunakan kuesioner. Kuesioner diisi melalui google form. Link pengisian kuisioner dikirimkan melalui grup WhatsApp masing-masing kelas. Sebanyak tujuh belas item pertanyaan terdapat pada kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa. Kuisioner yang diberikan berupa pertanyaan essay. Teknik analisis data terdiri dari mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa semester satu prodi Pendidikan Biologi STKIP Pembangunan Indonesia lebih menyukai aplikasi google meet dari pada aplikasi zoom, aplikasi WhatsApp, maupun aplikasi google Classroom. Pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan (daring) dinilai cukup efektif dilaksanakan selama adanya pandemi Covid. Adapun masalah yang sering dihadapi mahasiswa selama proses pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan (daring) berkaitan dengan jaringan internet yang kadang tidak lancar sehingga tidak dapat mengikuti pembelajaran dengan maksimal, kuota tidak mencukupi karena semua kegiatan pembelajaran dilakukan secara online, fasilitas pendukung pelaksanaan pembelajaran daring yang kurang memadai seperti laptop dan handphone, suasana belajar yang kadang tidak nyaman jika dilakukan di rumah, dan kurang maksimalnya pelayanan yang diterima mahasiswa dari beberapa dosen yang mengajar.
References
Arga, H. S. P., Kelana, J. B., & Ruqoyyah, S. (2020). Analisis Pembelajaran “Daring” Pada Guru Sekolah Dasar di Era Covid-19. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 7(2), 164–168.
Kristina, M., Sari, R. N., & Nagara, E. S. (2020). Model Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Provinsi Lampung. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 200. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16945
Martaria, D., & Munajah, R. (2022). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 6(2), 310–3137. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
Permada, D. N. R., & Harsono, Y. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Mahasiswa Manajemen Universitas Pamulang Di Era New Normal. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(4), 487. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i4.13386
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Saputri, R. A. (2021). Analisis Pembelajaran IPA Selama Masa Pandemi Covid-19 untuk Akselerasi Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. https://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/1482/908
Syafari, Y., & Montessori, M. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1294–1303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872
Wilandy, M. (2021). Analisis Perbandingan Penggunaan Media Google Meet dan Zoom Meeting dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU], 1(4), 1–11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright of this article is transferred to Buletin Poltanesa and Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, when the article is accepted for publication. the authors transfer all and all rights into and to paper including but not limited to all copyrights in the Buletin Poltanesa. The author represents and warrants that the original is the original and that he/she is the author of this paper unless the material is clearly identified as the original source, with notification of the permission of the copyright owner if necessary.
A Copyright permission is obtained for material published elsewhere and who require permission for this reproduction. Furthermore, I / We hereby transfer the unlimited publication rights of the above paper to Poltanesa. Copyright transfer includes exclusive rights to reproduce and distribute articles, including reprints, translations, photographic reproductions, microforms, electronic forms (offline, online), or other similar reproductions.
The author's mark is appropriate for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all coauthor. This Agreement shall be signed by at least one author who has obtained the consent of the co-author (s) if applicable. After the submission of this agreement is signed by the author concerned, the amendment of the author or in the order of the author listed shall not be accepted.