Analisis Pelaksanaan Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) di STKIP Pembangunan Indonesia

Authors

  • Eka Fitriana Hamsyah Pendidikan Biologi, STKIP Pembangunan Indoensia
  • Gustina Pendidikan Biologi, STKIP Pembangunan Indoensia

DOI:

https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i1.1210

Keywords:

Analisis pembelajaran, model pembelajaran, pembelajaran jaringan, pembelajaran daring, STKIP PI.

Abstract

Jenis penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari – Februari 2021. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran daring atau pembelajaran dalam jaringan yang dilakukan pada mahasiswa semester satu prodi Pendidikan Biologi STKIP Pembangunan Indonesia selama adanya pandemi Covid. Sampel penelitian adalah semua mahasiswa semester satu kelas A dan B  prodi Pendidikan Biologi STKIP Pembangunan Indonesia. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Melakukan validasi isi sebelum menggunakan kuesioner. Kuesioner diisi melalui google form. Link pengisian kuisioner dikirimkan melalui grup WhatsApp masing-masing kelas. Sebanyak tujuh belas item pertanyaan terdapat pada kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa. Kuisioner yang diberikan berupa pertanyaan essay. Teknik analisis data terdiri dari mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa semester satu prodi Pendidikan Biologi STKIP Pembangunan Indonesia lebih menyukai aplikasi google meet dari pada aplikasi zoom, aplikasi WhatsApp, maupun aplikasi google Classroom. Pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan (daring) dinilai cukup efektif dilaksanakan selama adanya pandemi Covid. Adapun masalah yang sering dihadapi mahasiswa selama proses pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan (daring) berkaitan dengan jaringan internet yang kadang tidak lancar sehingga tidak dapat mengikuti pembelajaran dengan maksimal, kuota tidak mencukupi karena semua kegiatan pembelajaran dilakukan secara online, fasilitas pendukung pelaksanaan pembelajaran daring yang kurang memadai seperti laptop dan handphone, suasana belajar yang kadang tidak nyaman jika dilakukan di rumah, dan kurang maksimalnya pelayanan yang diterima mahasiswa dari beberapa dosen yang mengajar.

References

Anwar, K., Nuri, R., Athifah, A. N., & ... (2020). Analisis Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sd Duri Kepa 05. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multidisiplin, 279–284. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/39
Arga, H. S. P., Kelana, J. B., & Ruqoyyah, S. (2020). Analisis Pembelajaran “Daring” Pada Guru Sekolah Dasar di Era Covid-19. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 7(2), 164–168.
Kristina, M., Sari, R. N., & Nagara, E. S. (2020). Model Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Provinsi Lampung. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 200. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16945
Martaria, D., & Munajah, R. (2022). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 6(2), 310–3137. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
Permada, D. N. R., & Harsono, Y. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Mahasiswa Manajemen Universitas Pamulang Di Era New Normal. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(4), 487. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i4.13386
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Saputri, R. A. (2021). Analisis Pembelajaran IPA Selama Masa Pandemi Covid-19 untuk Akselerasi Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. https://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/1482/908
Syafari, Y., & Montessori, M. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1294–1303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872
Wilandy, M. (2021). Analisis Perbandingan Penggunaan Media Google Meet dan Zoom Meeting dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU], 1(4), 1–11.

Downloads

Published

2022-06-20

How to Cite

Hamsyah, E. F., & Gustina. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) di STKIP Pembangunan Indonesia. Buletin Poltanesa, 23(1), 106–111. https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i1.1210

Issue

Section

Education