Sikap Konsumen dalam Pembelian Online Produk Segar Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19

Authors

  • Laras Sirly Safitri Agroindustri, Politeknik Negeri Subang
  • Atika Romalasari Agroindustri, Politeknik Negeri Subang
  • Fitri Suciati Agroindustri, Politeknik Negeri Subang

DOI:

https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i1.1172

Keywords:

Belanja Online, Multiatribut Fishbein, Pandemi Covid-19, Perilaku Konsumen

Abstract

Salah satu dampak dari Pandemi Covid-19 adalah semakin meningkatnya industrii jual beli secara online, tidak terkecuali untuk produk segar. Selama pandemi ini konsumen dari berbagai kelas, diduga cenderung mengubah perilaku pembelian produk segar dari transaksi offline ke online, yang juga disebabkan oleh kebijakan pemerintah seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis atribut-atribut yang menjadi pertimbangan pada sikap konsumen terhadap pembelian produk segar secara online sebelum dan selama pandemi Covid-19 dan menganalisis perbedaan sikap konsumen terhadap pembelian produk segar secara online sebelum dan selama pandemi Covid-19. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September 2020. Responden dalam penelitian ini sebanyak 77 orang yang diambil dengan teknik convenience sampling. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif menggunakan analisis multi atribut Fishbein untuk menganalisis atribut-atribut sikap konsumen. Sementara, perbedaan sikap konsumen sebelum dan selama pandemi dianalisis menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Berdasarkan analisis multi atribut Fishbein terhadap atribut produk segar sebelum pandemi, konsumen menjadikan atribut kebersihan produk sebagai atribut yang sangat penting, sedangkan selama pandemi, atribut kesegaran produk menjadi yang paling penting. Selanjutnya, pada atribut toko online, baik sebelum maupun selama pandemi, atribut keamanan transaksi dinilai sangat penting oleh konsumen.  Adapun hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat perbedaan sikap konsumen dalam berbelanja produk segar secara online sebelum dan selama Pandemi Covid-19.

References

Bhatti, A., Akram, H., Basit, H. M., Khan, A. U., Mahwish, S., Naqvi, R., & Bilal, M. (2020). E-commerce trends during COVID-19 Pandemic. International Journal of Future Generation Communication and Networking, 13(2), 1449-1452.
Donthu, N., & Gustafsson, A. (2020). Effects of COVID-19 on business and research. Journal of Business Research, 117, 284-289. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.06.008
Grashuis, J., Skevas, T., & Segovia, M. S. (2020). Grocery shopping preferences during the COVID-19 pandemic. Sustainability (Switzerland), 12(13), 1-10. https://doi.org/10.3390/su12135369
Harimurti, A. C., Sadeli, A. H., Utami, H. N., & Mukti, G.W. (2017). Strategi Peningkatan Kinerja Atribut Produk Sayuran Melalui Pemasaran Online Dalam Upaya Meraih Kepuasan Konsumen. Jurnal Agrosains Dan Teknologi, 1(2), 47-63.
Inventure. (2020). Stay @ Home Business: the Fall & the RISE. https://inventureknowledge.id/stay-home-business-the-fall-the-rise/
Junusi, R. El. (2020). Digital Marketing During the Pandemic Period; A Study of Islamic Perspective. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 2(1), 15-28. https://doi.org/10.21580/jdmhi.2020.2.1.5717
Mauliddya, F. R. (2018). Pengaruh Persepsi dan Sikap Konsumen terhadap Pembelian Sayur Secara Online di Kota Malang [UNIVERSITAS BRAWIJAYA]. http://repository.ub.ac.id/161578/1/FERISNA RACHMA MAULIDDYA.pdf
Muliasari, R. M., & Rachmina, D. (2017). Keputusan Pembelian dan Sikap Konsumen Roti Merek Sari Roti (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Institut Pertanian Bogor). Forum Agribisnis, 5(1), 89-104. https://doi.org/10.29244/fagb.5.1.89-104
Rahmawati, N. A., Suroso, A. I., & Ramadhan, A. (2018). Factors Influencing The Purchase Intention in Online Organic Fruit and Vegetable Stores. Jurnal Manajemen dan Agribisnis, 15(3), 209-220. https://doi.org/10.17358/jma.15.3.209
Rumbayan, S. A., Laoh, O. E. H., Loho, A. E., & Ngangi, C. R. (2016). Pengambilan Keputusan Konsumen Berbelanja Bahan Pangan (Studi Kasus: Masyarakat Kelurahan Teling tas, Kecamatan Wanea, Kota Manado). Jurnal Cocos, 7(4), 1-15.
Sahara, S., Minot, N., Stringer, R., & Umberger, W. J. (2015). Determinants and effects of small chilli farmers’ participation in supermarket channels in Indonesia. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 51(3), 445-460. https://doi.org/10.1080/00074918.2015.1110851
Sakoikoi, J., & Priyanto, S. H. (2019). Determinan Kepuasan Belanja Konsumen Sayur Online. SOCA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 13(2), 170-186. https://doi.org/10.24843/soca.2019.v13.i02.p03
Sharma Anupam, & Jhamb Deepika. (2020). Changing Consumer Behaviours Towards Online Shopping - an Impact of Covid 19. Academy of Marketing Studies Journal, 24(3), 1-10.
Sumarwan Ujang. (2010). Analisa Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Taufik, T., & Ayuningtyas, E. A. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 terhadap Bisnis dan Eksistensi Platform Online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(01), 21-32. https://doi.org/10.33370/jpw.v22i01.389
Warayuanti, W., & Suyanto, A. (2015). The Influence of Lifestyles and Consumers Attitudes on Product Purchasing Decision via Online Shopping in Indonesia. European Journal of Business and Management, 7(8), 74-80.
Wardhani, W. (2019). Preferensi Konsumen terhadap Kategori Produk yang Dijual Secara Daring dan Luring. Regional Development Industry & Health Science ,Technology and Art of Life, 2(1), 300–304.

Downloads

Published

2022-06-20

How to Cite

Safitri, L. S., Romalasari, A., & Suciati, F. (2022). Sikap Konsumen dalam Pembelian Online Produk Segar Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19 . Buletin Poltanesa, 23(1), 67–72. https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i1.1172

Issue

Section

Economics and Management