Literasi dan Pelatihan Kecakapan Digital untuk Meningkatkan Materi Pembelajaran Online bagi Guru di Kecamatan Seram Utara Timur Seti Kabupaten Maluku Tengah

Authors

  • Windarto Teknik Informatika, Universitas Budi Luhur
  • Denik Iswardani Witarti Ilmu Komunikasi, Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i1.1067

Keywords:

Literasi Digital, Kecakapan Digital, Pengajaran Online, Webinar, TMMD

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) menjadi satu kewajiban bagi tenaga pengajar dan merupakan satu pilar dari tiga pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi. PKM adalah juga pengejawantahan dari keilmuan sivitas akademika. Universitas Budi Luhur Jakarta secara rutin menyelenggarakan kegiatan PKM dengan melibatkan dosen, mahasiswa, tenaga pendidik maupun para alumni. Kegiatan dilaksanakan sebagai sumbangan dalam membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan bangsa. Pada peluncuran program Program Literasi Digital Nasional oleh Presiden Joko Widodo tahun 2021 kegiatan literasi digital diharapkan dapat menggelinding dan terus membesar di berbagai penjuru Indonesia sebagai aksi nyata menyiapkan masyarakat yang cakap digital. Sejalan dengan hal tersebut serta dilatarbelakangi oleh ketidaksiapan para guru di pedalaman dalam menghadapi sistem pengajaran online, kegiatan PKM ini mengambil tema literasi digital. Kecamatan Seram Utara Timur Seti berada di dalam wilayah Kodim 1502 Masohi, Maluku tengah. Kodim 1502 Masohi, Maluku Tengah melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112, meminta kepada Universitas Budi Luhur untuk terlibat dalam kegiatan tersebut selama 2 hari sebagai bagian dari kegiatan non-fisik. Kegiatan kolaborasi TNI dengan perguruan tinggi ini dilaksanakan secara hybrid dengan memanfaatkan teknologi informasi, yaitu webinar yang diikuti oleh peserta dari Jakarta Selatan dan dihadiri oleh para guru yang hadir langsung dari lokasi. Hari kedua, peserta mendapatkan pelatihan untuk menyiapkan materi pengajaran online. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu permasalahan para guru di daerah terpencil dan meningkatkan kecakapan digital mereka ketika sistem pembelajaran online diberlakukan. Tindak lanjut kegiatan di masa mendatang, diharapkan memberikan materi literasi digital dan kecakapan digital pada tahapan tingkat lanjut guna sehingga mitra kegiatan dapat merasakan manfaat yang signifikan dari hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

References

Amaliah, Raden Rizky, Fadhil Abdul, S. N. (2014). Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Jurnal Studi Al-Qur’an, 10(2). https://core.ac.uk/download/pdf/296306629.pdf
Chairunnisa, K., & Sundi, V. H. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva dalam Pembuatan Poster pada Siwa Kelas X SMAN 8 Tangsel.
Deepublish, P. (2020). Pengertian Tri Dharma Perguruan Tinggi : Makna dan Implementasinya. https://penerbitbukudeepublish.com/pengertian-tri-dharma-perguruan-tinggi/
Edunitas. (2021). Seram Utara Timur Seti, Maluku Tengah. https://wiki.edunitas.com/ind/114-10/Seram-Utara-Timur-Seti_241780__eduNitas.html
Gilster, P. (1997). Digital literacy. Wiley Computer Publications.
Kk.sttbandung.ac.id. (2021). Seram Utara Timur Seti, Maluku Tengah. http://kk.sttbandung.ac.id/id3/2-3060-2940/Seram-Utara-Timur-Seti_241780_ensiklopedia-bebas-q-sttbandung.html
Kominfo. (2021). Luncurkan Program Literasi Digital Nasional, Presiden: Dorong Masyarakat Makin Cakap Digital. Kominfo.Go.Id. https://kominfo.go.id/content/detail/34599/luncurkan-program-literasi-digital-nasional-presiden-dorong-masyarakat-makin-cakap-digital/0/berita
Kuningankab.go.id. (2021). TNI Manunggal Membangun Desa ke-111 Tahun 2021 Resmi Ditutup. https://www.kuningankab.go.id/berita/tni-manunggal-membangun-desa-ke-111-tahun-2021-resmi-ditutup
Kurnia, Neng Dewi, Johan, Riche Cynthia, Rullyana, G. (2018). Hubungan Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dengan Kemampuan Literasi Media di UPT Perpustakaan ITENAS. EDULIB, 8(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/article/view/10208
Lanham, R. (1995). Digital literacy. Scientific American 273.
P2k.stekom.ac.id. (2022). Kobisonta, Seram Utara Timur Seti, Maluku Tengah. https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Kobisonta,_Seram_Utara_Timur_Seti,_Maluku_Tengah
Perkotaan.bpiw.pu.go.id. (2017). Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) Bula. http://perkotaan.bpiw.pu.go.id/n/perdesaan/6
Pjj.ui.ac.id. (2020). Apa itu pendidikan jarak jauh? https://pjj.ui.ac.id/ufaqs/apa-itu-pendidikan-jarak-jauh/
Ppkhmalteng. (2021). PPKH Maluku Tengah. https://www.ppkhmalteng.com/p/blog-page_94.html
Pusat Pengembangan Kawasan Perkotaan. (2017). Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) Banyuwangi. http://perkotaan.bpiw.pu.go.id/n/perdesaan/2
Rahayu, P. (2019). Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Al-Fathin, 2(1). https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/al-fathin/article/view/1423
Setkab, H. (2021). Peluncuran Program Literasi Digital Nasional, 20 Mei 2021. Sekretariat Kabinet. https://setkab.go.id/peluncuran-program-literasi-digital-nasional-20-mei-2021/
Silvana, Hana, C. (2018). Pendidikan Literasi Digital di Kalangan Usia Muda di Kota Bandung. PEDAGOGIA, 16(2). https://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia/article/view/11327
Sttbandung. (2021). Seram Utara, Maluku Tengah. http://kk.sttbandung.ac.id/id3/2-3042-2940/Seram-Utara_241781_kk-sttbandung.html
Syafnidawaty. (2020). Apa Itu Pembelajaran Jarak Jauh? https://raharja.ac.id/2020/11/17/apa-itu-pembelajaran-jarak-jauh/

Downloads

Published

2022-06-20

How to Cite

Windarto, & Witarti, D. I. (2022). Literasi dan Pelatihan Kecakapan Digital untuk Meningkatkan Materi Pembelajaran Online bagi Guru di Kecamatan Seram Utara Timur Seti Kabupaten Maluku Tengah . Buletin Poltanesa, 23(1), 126–133. https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i1.1067

Issue

Section

Education