Strategi Promosi Desa Batuah Sebagai Desa Wisata Berbasis Agrowisata

Authors

  • Sabalius Uhai Usaha Perjalanan Wisata, Politeknik Negeri Samarinda
  • M. Fauzan Noor Usaha Perjalanan Wisata , Politeknik Negeri Samarinda
  • Said Keliwar Usaha Perjalanan Wisata, Politeknik Negeri Samarinda
  • Rinto Dwi Atmojo Pariwisata, Politeknik Negeri Samarinda
  • Rizhal Ramadan Usaha Perjalanan Wisata, Politeknik Negeri Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i2.1057

Keywords:

Strategi Promosi, Potensi, Daya tarik, Agrowisata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang tepat dalam melakukan promosi bagi Desa Batuah Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara. Dengan demikan diharapkan para pengelola desa dapat melakukan hal yang sesuai untuk memperkenalkan desa ini menjadi daerah tujuan wisata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara secara mendalam dan dilakukan analisis deskriptif kualitif. Adapun langkah-langkah analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa potensi yang dimiliki Desa Batuah sangat cocok untuk dikembangkan desa wisata berbasis agrowisata. Strategi yang cocok untuk melakukan promosi adalah menggunakan media sosial.

 

References

Andajani, Erna, Widjaja, Fitri Novika, Prihatiningrum, A. E. (2017). Pengembangan Potensi Desa Wisata melalui Analisa SWOT Di Kecamatan Kalitidu Bojonegoro. Research Report. http://research-report.umm.ac.id/index.php/research-report/article/view/1313

Atmoko, T. P. H. . (2021). Strategi Pengembangan Potensi Desa Wisata Brajan Kabupaten Sleman. Media Wisata, Vol 12 (2). https://doi.org/https://doi.org/10.36276/mws.v12i2.209

Cahyono, Arie Eko, Putra, Y. B. T. (2017). Analisis Potensi Ekonomi Wisata Pengembangan Berbasis Agrowisata Kearifan di Desa Wisata Sumbermujur Kabupaten Lumajang. Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Ekonomi-Sosia, Vol. 1 (1), 14–22. http://194.59.165.171/index.php/ECS/article/view/5/2

Chairunnisa, L. Sari, W. E. Arifin, D. (2020). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Tempat Wisata di Kota Samarinda Berbasis Web. Buletin Poltanesa, Volume 21, 18–25. https://doi.org/https://doi.org/10.51967/tanesa.v21i1.320

Dharasta, You S. M. A., et al. (2017). Analisis Swot Desa Wisata di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jurnal Manajemen, Vol. 7 (2). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26460/jm.v7i2.281

Jalil, A. (2022). Mimpi Dewi Belai, Wisata Buah Elai di Kutai Kartanegara. Ttps://Www.Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/regional/read/4427693/mimpi-dewi-belai-wisata-buah-elai-di-kutai-kartanegara

Komariah, Neneng, Saepudin, Encang, Yusup Pawit M., et al. (2019). Strategi Promosi Desa Wisata Agro di Desa Paledah Kecamatan Padaheranng Kabupaten Pangandaran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 3 (3), 67–71. http://journal.unpad.ac.id/pkm/article/view/23877

Mahriani, E. (2020). Manajemen Pariwisata (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). In Moh Agus Sutiarso (Ed.), Pariwisata yang mengglobal dan menjanjikan (Pertama, p. 1). Widina Bhakti Persada Bandung. www.penerbitwidina.com

Palit, Ireine Gratia, Talumingan, Celcius, et al. (2017). Strategi Pengembangan Kawasan Agrowisata Rurukan. Agri-SosioEkonomi, Vol. 13 (2. https://doi.org/https://doi.org/10.35791/agrsosek.13.2A.2017.16558

Priyono, A. (2021a). Pembudidayaan Bibit Lai. Pemerintah Desa Batuah.

Priyono, A. (2021b). Penamaan Buah Lai. Pemerintah Desa Batuah.

Putri, Nindy Eka; Silfeni, Silfeni; Ferdian, F. (2017). Strategi Promosi Melalui Media Periklanan Desa Wisata Kubu Gadang Kota Padang. JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA, Vol. 9 (2), 113–121. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jpk/vol9-iss2/119

Rasyid, A. (2019). Pemetaan dan Penegasan Batas Dusun Di Wilayah Desa Batuah.

Rasyid, A. (2021a). Desa Batuah. Pemerintah Desa Batuah.

Rasyid, A. (2021b). Potensi Daya Tarik Agrowisata di Desa Batuah. Pemerintah Desa Batuah.

Semuel, Hatane Setiawan, K. Y. (2018). Promosi Melalui Sosial Media, Brand awareness, Purchase Intention pada Produk Sepatu Olahraga. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 12 (1, 47–52. https://doi.org/https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.1.47%E2%94%8052

Setiawan, D. (2010). AGRIBISNIS BUAH LAI MAHAKAM. Https://Peluangusaha.Kontan.Co.Id/. https://peluangusaha.kontan.co.id/news/agribisnis-buah-lai-mahakam

Suryadi, D. (2013). Promosi Efektif Menggugah Minat & Loyalitas Pelanggan. Platinum.

Tirtawinata, R., F. (1996). Daya Tarik dan Pengelolaan Agrowisata. Penebar Swadaya.

Uhai, Sabalius, Iswandari, Rini Koen, et al. (2021). Pengembangan Potensi Desa Jembayan Tengah Sebagai Agrowisata di Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara. Buletin Poltanesa, Vol. 22 (2(127–146). https://doi.org/https://doi.org/10.51967/tanesa.v22i2.879

Uhai, S. (2021). Peranan Organisasi Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) untuk Pengembangan Desa Wisata di Kalimantan Timur. Jurnal Sebatik, Vol. 25 (2(Multidisiplin Ilmu), 614–623. https://doi.org/https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1371

Unknown/wikipedia. (2022). Batuah, Loa Janan, Kutai Kartanegara. Https://Id.Wikipedia.Org/Wiki/. https://id.wikipedia.org/wiki/Batuah,_Loa_Janan,_Kutai_Kartanegara

Yoeti, O. K. (1996). Pengantar Ilmu Pariwisata. Penerbit Angkasa.

Downloads

Published

2022-12-27

How to Cite

Uhai, S., Noor, M. F., Keliwar, S., Atmojo, R. D., & Ramadan, R. (2022). Strategi Promosi Desa Batuah Sebagai Desa Wisata Berbasis Agrowisata. Buletin Poltanesa, 23(2), 430–438. https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i2.1057

Issue

Section

Culture and Tourism