Daya Tarik Produk UMKM sebagai Tolak Ukur Kepuasan Konsumen
DOI:
https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i1.1050Keywords:
UMKM, Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, HargaAbstract
UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) sebagai motor penggerak roda perekonomian di kalangan masyarakat. UMKM mampu mengurangi tingkat pengangguran. Keberhasilan UMKM dapat dilihat dari tingkat kepuasan konsumen terhadap barang yang telah dikonsumsi. Kepuasan konsumen menjadi tujuan utama dari pelaku UMKM. Konsumen yang merasa puas saat menggunakan produk atau jasa berkaitan dengan keberlangsungan suatu usaha. Untuk mengidentifikasi faktor apa saya yang memiliki hubungan dengan kepuasan konsumen. Variabel bebas yang hendak digunakan yaitu Kualitas produk yang dihasilkan, kualitas pelayanan yang dilakukan dan harga yang sudah ditetapkan. Sebanyak 48 orang survei secara langsung untuk mendapatkan data yang digunakan untuk analisis di dalam penelitian. Data diperoleh akan melalui tahapan pertama yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Dalam penelitian ini setelah kuesioner dinyatakan valid dan reliabel sebanyak 66 pernyataan. Tahapan selanjutnya penggunaan teknik analisis regresi linier berganda. Penggunaan regresi linier berganda telah memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan berupa lolos pada uji prasyarat analisis berupa uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi. Setelah melakukan olah data menggunakan bantuan software SPSS diperoleh yaitu tidak ada kontribusi yang diberikan kualitas produk pada saat pengukuran kepuasan konsumen yang telah menggunakan produk barang. Masing-masing variabel kualitas pelayanan, harga mampu memberikan pengaruh pada kepuasan konsumen. Adapun secara simultan keseluruhan variabel independen dapat memberikan pengaruh maupun kontribusi dengan kepuasan konsumen setelah menggunakan suatu produk.
References
Allaoui, M. E., Ouddane, B., & Tidjani, C. (2019). The importance of training programs in the improvement of the performance of employees in the petroleum companies"-Case of Sonatrach company-The Regional Directorate of BERKAOUI (Ouargla-Algeria). University Library of Munich, Germany.
Anggraeni, D. P., Kumadji, S., & Sunarti, S. (2016). Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan (Survei pada pelanggan nasi rawon di rumah makan Sakinah Kota Pasuruan). Brawijaya University.
Giese, J. L., & Cote, J. A. (2000). Defining consumer satisfaction. Academy of Marketing Science Review, 1(1), 1–22.
Gilaninia, S., Taleghani, M., Reza, M., & Talemi, K. (2013). THE IMPACT OF SERVICE QUALITY ON CUSTOMER SATISFACTION 1- Introduction 2- Customer Satisfaction. 1(4), 1–7.
Haryono, N., & Octavia, R. (2020). Analisis pengaruh citra merek dan mutu layanan terhadap kepuasan konsumen serta dampaknya terhadap loyalitas konsumen. Jurnal Industri Elektro Dan Penerbangan, 4(2).
Humaidi, M. (2019). Analisis perilaku konsumtif santriwati pondok pesantren darul fikri bringin, kauman, ponorogo dalam perspektif ekonomi islam skripsi.
Hutabarat, L. T., Novalina, S. D., & Sinaga, Y. (2016). Pengembangan alat ukur kepuasan terhadap kualitas layanan jasa ATKP Medan. Jurnal Diversita, 2(2).
Ilieska, K. (2013). Customer satisfaction index–as a base for strategic marketing management. TEM Journal, 2(4), 327.
Ismail, A., & Yunan, Y. S. M. (2015). Service Quality As a Predictor of Customer Satisfaction and Customer Loyalty. Logforum, 12(4), 269–283. https://doi.org/10.17270/J.LOG.2016.4.7
Jamaluddin, J., & Ruswanti, E. (2017). Impact of Service Quality and Customer Satisfaction on Customer Loyalty: A Case Study in a Private Hospital in Indonesia. IOSR Journal of Business and Management, 19(05), 23–33. https://doi.org/10.9790/487x-1905012333
Kartika, C. L., Natasha, R., & Sari, M. K. (2012). Pengaruh Dimensi Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen Gelamai merk Erina Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.
Karunakaran, A. S. J., & Thusyanthy, V. (2016). A Review on the relationship variables to customer satisfaction. Global Journal of Management and Business Research: E Marketing, 16(5), 87–91.
Kementrian Koperasi dan UMKM. (2005). Kementerian Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia. Peran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional, 1–17.
Krishna Naik, C. N., Gantasala, S. B., & Prabhakar, G. V. (2010). Service Quality (Servqual) and its effect on customer satisfaction in retailing. European Journal of Social Sciences, 16(2), 239–251.
Lenzun, J. J., Massie, J. D. D., & Adare, D. (2014). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap kepuasan pelanggan kartu prabayar telkomsel. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3).
Lesmana, R., & Ratnasari. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(2), 115–129.
Lestari, P., & Anggraini, F. (2018). Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Sosio E-Kons, 10(2), 179. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i2.2718
Montung, P. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Restoran Kawan Baru. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5).
Muttaqin, G. F., & Dharmayanti, R. (2017). Pengaruh Implementasi Total Quality Management Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Kualitas Kinerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, 19(1), 68. https://doi.org/10.24912/ja.v19i1.114
Pakurár, M., Haddad, H., Nagy, J., Popp, J., & Oláh, J. (2019). The service quality dimensions that affect customer satisfaction in the Jordanian banking sector. Sustainability (Switzerland), 11(4), 1–24. https://doi.org/10.3390/su11041113
Razak, I., Nirwanto, N., & Triatmanto, B. (2016). The Impact of Product Quality and Price on Customer Satisfaction with the Mediator of Customer Value. 30(2012), 59–68.
Rindrayani, S. R. (2016). Strategi pengembangan umkm melalui pembelajaran kewirausahaan sebagai penggerak ekonomi indonesia. SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN EKONOMI AKUNTANSI 2016 Unpgri K\KEDIRI.
Sarwono, H. A. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM). Bank Indonesia Dan LPPI.
Setiawan, A., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(2), 114–126. Retrieved from http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/SMBI/article/view/2819/2206
Setyo, P. E. (2017). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen best autoworks. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(6), 755–764.
Shahin, A. (2010). SERVQUAL and Model of Service Quality Gaps: A Framework for Determining and Prioritizing Critical Factors from Faculty Perspective in Higher Education. International Journal of Engineering Science and Technology, 2(7), 3297–3304.
Suci, Y. R. (2017). Development of MSME (Micro, Small and Medium Enterprises) in Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 51–58.
Sudjianto, E. Y., & Japarianto, E. (2017). Pengaruh Perceived Service Quality Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variable. Jurnal Manajemen Pemasaran, 11(2), 54–60. https://doi.org/10.9744/pemasaran.11.2.54
Suhendar, U. (2019). Effect Of Product Quality , Perception Of Price And Satisfaction To Customer Loyalty ( Study On Agroindustrial Company In Indonesia ). Vii(3), 23–33.
Tjiptono, F. (2019). Strategi pemasaran.
Wantara, P. (2015). International Journal of Economics and Financial Issues The Relationships among Service Quality, Customer Satisfaction, and Customer Loyalty in Library Services. International Journal of Economics and Financial Issues, 5(5), 10–11.
Ziegel, E. R., Swift, J. A., Ross, J. E., & Omachonu, V. K. (1999). Principles of Total Quality. In Technometrics (Vol. 41). https://doi.org/10.2307/1271376
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright of this article is transferred to Buletin Poltanesa and Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, when the article is accepted for publication. the authors transfer all and all rights into and to paper including but not limited to all copyrights in the Buletin Poltanesa. The author represents and warrants that the original is the original and that he/she is the author of this paper unless the material is clearly identified as the original source, with notification of the permission of the copyright owner if necessary.
A Copyright permission is obtained for material published elsewhere and who require permission for this reproduction. Furthermore, I / We hereby transfer the unlimited publication rights of the above paper to Poltanesa. Copyright transfer includes exclusive rights to reproduce and distribute articles, including reprints, translations, photographic reproductions, microforms, electronic forms (offline, online), or other similar reproductions.
The author's mark is appropriate for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all coauthor. This Agreement shall be signed by at least one author who has obtained the consent of the co-author (s) if applicable. After the submission of this agreement is signed by the author concerned, the amendment of the author or in the order of the author listed shall not be accepted.