Kebisingan Persimpangan Sebidang Jalan Lokal Pada Jalan Kapten Soedjono Dan Jalan Sejati di Kota Samarinda

Authors

  • Furqaan Hamsyani Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Kemala Hadidjah Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Dede Alferdo Politeknik Pertanian Negeri Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i1.1031

Keywords:

Bising, Kendaraan, Jalan, Suara, Dynamic

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh keingintahuan tentang karunia Tuhan berupa pendengaran, tanpanya sangat sulit menjalani kehidupan. Manusia selalu bergerak sehingga menghasilkan suara yang dikehendaki ataupun yang tidak diinginkan, pergerakan kendaraan bermotor hampir di seluruh kehidupan manusia, bising dalam kesehatan kerja diartikan sebagai menurunnya pendengaran secara kuantitatif dan kualitiatif dikarenakan intensitas, frekuensi, dan durasi serta pola waktu yang terjadi pada suara atau bunyi. Sehingga dapat diartikan bahwa suara yang timbul akibat pergerakan sekaligus sebagai suara yang tidak diinginkan dari suatu usaha atau kegiatan manusia pada tingkat dan waktu tertentu yang dapat membahayakan kesehatan manusia dan kenyamanan lingkungan kerja. Pergerakan kendaraan bermotor dipersimpangan jalan lokal pada jalan Kapten Soedjono dan jalan Sejati Kota Samarinda menghasilkan suara yang melewati baku mutu kebisingan, berdasarkan kriteria Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup tentang baku tingkat kebisingan, hal ini disebabkan persimpangan jalan Kapten Soedjono dan jalan Sejati secara umum merupakan pertemuan dua puluh empat arus pergerakan kendaraan bermotor dalam satu waktu sehingga bising yang dihasilkan menjadi tinggi, namun ada pergerakan kendaraan bermotor menghasilkan kebisingan yang rendah yaitu sebagian Jalan Sejati dimana diperoleh nilai kebisingan berada di bawah tingkat kebisingan yang telah ditetapkan. Sedemikian besarnya suara yang dihasilkan dari dua puluh empat arus kendaraan bermotor ini dikarenakan Jalan Kapten Soedjono merupakan jalur utama masyarakat samarinda dan masyarakat diluar kota samarinda untuk menuju Kota Samarinda dan atau ke Kecamatan Palaran serta menuju ke Kota Balikpapan dengan melewati pintu Tol Palaran, dimana menuju dua titik yaitu pintu masuk awal Tol Balsam dan pelabuhan bongkar muat Kota Samarinda.

References

Anonim (1987), dalam Putri, N. (2018). Hubungan Tingkat Kebisingan Jalan Raya Dengan Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Swasta Mas Nur Ibrahimy Rantauprapat. Universitas Sumatera Utara. Medan.
Anonim (1993), dalam Prayudha, W. (2017). Tingkat Kepatuhan Masyarakat Pengguna Jalan Terhadap Fungsi Rambu-Rambu Dan Marka Lalu Lintas Di Kota Medan (Studi Kasus). Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Medan.
Anonim (1999), dalam Nasution, A.M.S. (2017). Analisis Paparan Kebisingan Guna Menanggulangi Tingkat Kebisingan Di Pt. Bakrie Sumatera Plantations,Tbk. Universitas Sumatera Utara. Medan
Anonim (2005), dalam Azizah, N. (2019). Studi Mitigasi Tingkat Kebisingan Lalu Lintas Jalan Di Jalan A.P Pettarani Terhadap Rencana Pembangunan Jalan Tol Layang Di Kota Makassar. Program Pascasarjana. Universitas Hasanuddin. Makassar.
Anonim (2006), dalam Fu’ana, A. (2019). Analisis Perbaikan Perkerasan Pada Ruas Jalan Kedungcino-Bandengan Kecamatan Jepara Dengan Perkerasan Kaku. Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Azzahra, A. dan Imran, M. (2018). Analisa Tingkat Kebisingan Lalu Lintas Jalan Raya (Studi Kasus Jalan Jaksa Agung Soeprapto depan SMP Negeri 6 Gorontalo). Jurnal Peradaban Sains, Rekayasa, dan Teknologi Sekolah Tinggi Teknik Bina Taruna Gorontalo.
Juliansyah, M. dan Kadarsa, E. (2019). Analisis Kebisingan Akibat Lalu Lintas pada Jalan Kolonel H.Burlian di Kota Palembang. Univeristas Sriwijaya. Palembang
Khasanah. L.H. (2017). Hubungan Tingkat Kebisingan Lalu Lintas Dan Volume Kendaraan Terhadap Kenyamanan Layanan Fasilitas Umum Di Sepanjang Jalan Cik Di Tiro Kota Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Djalante. S. (2013). Analisis Tingkat Kebisingan Di Jalan Raya Yang Menggunakan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APIL) (Studi Kasus: Simpang Ade Swalayan). Jurnal Smartek Jurusan teknik elektro dan komunikasi Universitas Tadulako Vol. 8 No. 4: (40-61). ISSN: 1693-0460. Palu
Pratama. R.A.Y., (2020). Analisis Kebisingan Akibat Lalu Lintas Pada Jalan Dalam Kota Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Universitas Sriwijaya. Palembang.
Wardika. K., Suparsa, G.P., Priyantha, D.M. (2012). Analisis Kebisingan Lalulintas pada Ruas Jalan Arteri (Studi kasus Jalan Prof. Dr. IB. Mantra pada KM 15 s/d KM 16). Jurnal Ilmiah Elektronik Infrastruktur Teknik Sipil Jurusan Teknik Sipil Universitas Udayana. Bali.
Yadat. T., (2014). Studi Power Level Kebisingan Kendaraan Ringan di Kota Makassar. Universitas Hasanuddin Makassar, Makassar.

Downloads

Published

2022-06-20

How to Cite

Hamsyani, F., Hadidjah, K., & Alferdo, D. (2022). Kebisingan Persimpangan Sebidang Jalan Lokal Pada Jalan Kapten Soedjono Dan Jalan Sejati di Kota Samarinda. Buletin Poltanesa, 23(1), 168–180. https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i1.1031

Issue

Section

Environmental Management