Kebisingan Persimpangan Sebidang Jalan Lokal Pada Jalan Kapten Soedjono Dan Jalan Sejati di Kota Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i1.1031Keywords:
Bising, Kendaraan, Jalan, Suara, DynamicAbstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh keingintahuan tentang karunia Tuhan berupa pendengaran, tanpanya sangat sulit menjalani kehidupan. Manusia selalu bergerak sehingga menghasilkan suara yang dikehendaki ataupun yang tidak diinginkan, pergerakan kendaraan bermotor hampir di seluruh kehidupan manusia, bising dalam kesehatan kerja diartikan sebagai menurunnya pendengaran secara kuantitatif dan kualitiatif dikarenakan intensitas, frekuensi, dan durasi serta pola waktu yang terjadi pada suara atau bunyi. Sehingga dapat diartikan bahwa suara yang timbul akibat pergerakan sekaligus sebagai suara yang tidak diinginkan dari suatu usaha atau kegiatan manusia pada tingkat dan waktu tertentu yang dapat membahayakan kesehatan manusia dan kenyamanan lingkungan kerja. Pergerakan kendaraan bermotor dipersimpangan jalan lokal pada jalan Kapten Soedjono dan jalan Sejati Kota Samarinda menghasilkan suara yang melewati baku mutu kebisingan, berdasarkan kriteria Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup tentang baku tingkat kebisingan, hal ini disebabkan persimpangan jalan Kapten Soedjono dan jalan Sejati secara umum merupakan pertemuan dua puluh empat arus pergerakan kendaraan bermotor dalam satu waktu sehingga bising yang dihasilkan menjadi tinggi, namun ada pergerakan kendaraan bermotor menghasilkan kebisingan yang rendah yaitu sebagian Jalan Sejati dimana diperoleh nilai kebisingan berada di bawah tingkat kebisingan yang telah ditetapkan. Sedemikian besarnya suara yang dihasilkan dari dua puluh empat arus kendaraan bermotor ini dikarenakan Jalan Kapten Soedjono merupakan jalur utama masyarakat samarinda dan masyarakat diluar kota samarinda untuk menuju Kota Samarinda dan atau ke Kecamatan Palaran serta menuju ke Kota Balikpapan dengan melewati pintu Tol Palaran, dimana menuju dua titik yaitu pintu masuk awal Tol Balsam dan pelabuhan bongkar muat Kota Samarinda.
References
Anonim (1993), dalam Prayudha, W. (2017). Tingkat Kepatuhan Masyarakat Pengguna Jalan Terhadap Fungsi Rambu-Rambu Dan Marka Lalu Lintas Di Kota Medan (Studi Kasus). Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Medan.
Anonim (1999), dalam Nasution, A.M.S. (2017). Analisis Paparan Kebisingan Guna Menanggulangi Tingkat Kebisingan Di Pt. Bakrie Sumatera Plantations,Tbk. Universitas Sumatera Utara. Medan
Anonim (2005), dalam Azizah, N. (2019). Studi Mitigasi Tingkat Kebisingan Lalu Lintas Jalan Di Jalan A.P Pettarani Terhadap Rencana Pembangunan Jalan Tol Layang Di Kota Makassar. Program Pascasarjana. Universitas Hasanuddin. Makassar.
Anonim (2006), dalam Fu’ana, A. (2019). Analisis Perbaikan Perkerasan Pada Ruas Jalan Kedungcino-Bandengan Kecamatan Jepara Dengan Perkerasan Kaku. Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Azzahra, A. dan Imran, M. (2018). Analisa Tingkat Kebisingan Lalu Lintas Jalan Raya (Studi Kasus Jalan Jaksa Agung Soeprapto depan SMP Negeri 6 Gorontalo). Jurnal Peradaban Sains, Rekayasa, dan Teknologi Sekolah Tinggi Teknik Bina Taruna Gorontalo.
Juliansyah, M. dan Kadarsa, E. (2019). Analisis Kebisingan Akibat Lalu Lintas pada Jalan Kolonel H.Burlian di Kota Palembang. Univeristas Sriwijaya. Palembang
Khasanah. L.H. (2017). Hubungan Tingkat Kebisingan Lalu Lintas Dan Volume Kendaraan Terhadap Kenyamanan Layanan Fasilitas Umum Di Sepanjang Jalan Cik Di Tiro Kota Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Djalante. S. (2013). Analisis Tingkat Kebisingan Di Jalan Raya Yang Menggunakan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APIL) (Studi Kasus: Simpang Ade Swalayan). Jurnal Smartek Jurusan teknik elektro dan komunikasi Universitas Tadulako Vol. 8 No. 4: (40-61). ISSN: 1693-0460. Palu
Pratama. R.A.Y., (2020). Analisis Kebisingan Akibat Lalu Lintas Pada Jalan Dalam Kota Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Universitas Sriwijaya. Palembang.
Wardika. K., Suparsa, G.P., Priyantha, D.M. (2012). Analisis Kebisingan Lalulintas pada Ruas Jalan Arteri (Studi kasus Jalan Prof. Dr. IB. Mantra pada KM 15 s/d KM 16). Jurnal Ilmiah Elektronik Infrastruktur Teknik Sipil Jurusan Teknik Sipil Universitas Udayana. Bali.
Yadat. T., (2014). Studi Power Level Kebisingan Kendaraan Ringan di Kota Makassar. Universitas Hasanuddin Makassar, Makassar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright of this article is transferred to Buletin Poltanesa and Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, when the article is accepted for publication. the authors transfer all and all rights into and to paper including but not limited to all copyrights in the Buletin Poltanesa. The author represents and warrants that the original is the original and that he/she is the author of this paper unless the material is clearly identified as the original source, with notification of the permission of the copyright owner if necessary.
A Copyright permission is obtained for material published elsewhere and who require permission for this reproduction. Furthermore, I / We hereby transfer the unlimited publication rights of the above paper to Poltanesa. Copyright transfer includes exclusive rights to reproduce and distribute articles, including reprints, translations, photographic reproductions, microforms, electronic forms (offline, online), or other similar reproductions.
The author's mark is appropriate for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all coauthor. This Agreement shall be signed by at least one author who has obtained the consent of the co-author (s) if applicable. After the submission of this agreement is signed by the author concerned, the amendment of the author or in the order of the author listed shall not be accepted.