Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peluang bisnis tanaman aglonema yang lagi populer sebagai tanaman hias yang sangat diminati oleh masyarakat Samarinda melalui komunikasi digital. Ditengah pandemi covid-19 tahun 2020 yang mengharuskan masyarakat mengurangi aktivitas diluar rumah, maka pilihan memasarkan dan membeli produk yang memungkinkan adalah melalui komunikasi digital. Salah satu sarana komunikasi digital yang dipilih dalam penjualan tanaman aglonema adalah melalui startup yang sesuai untuk bisnis usaha kecil dan menengah (UKM) dan juga usaha rumahan (home industry) seperti Market Place. Metode penelitian yang di gunakan adalah penelitian deskriptif untuk memberikan informasi mengenai bagaimana peluang bisnis tanaman hias aglonema ditengah maraknya tanaman hias jenis lain di Samarinda melalui komunikasi digital. Data yang di ambil tentang bisnis digital tanaman hias aglonema yang mereka lakukan tahun 2020 di Samarinda. Hasil penelitian ada 3 variabel yang digunakan yaitu Ketertarikan technopreneur (ketertarikan pelaku bisnis terhadap bisnis tanaman aglonema yang di tekuni), Skill atau keterampilan technopreneur, Teknologi komunikasi digital yang digunakan dalam bisnis. Tanggapan responden atas ke 3 variable yang berpengaruh terhadap peluang bisnis tanaman aglonema di Samarinda melalui Komunikasi Digital berdasarkan hasil perhitungan data primer dari responden semuanya bernilai positif dengan total  nilai rata-rata  6,21. Variabel dominan adalah variabel ke 3, yaitu Teknologi komunikasi digital yang digunakan oleh teknopreneur dalam memasarkan bisnis tanaman aglonemanya mempunyai nilai rata-rata 2,17. Ini berarti Teknologi komunikasi digital yang digunakan dalam menjalankan bisnis tersebut sangat ampuh membantu responden dalam menjual produknya dan sangat dikuasai dengan baik oleh penjual maupun pembeli.

Keywords

komunikasi digital tanaman aglonema bisnis start-up

Article Details

How to Cite
Merni, I. (2021). Peluang Bisnis Tanaman Hias Aglonema di Samarinda Melalui Komunikasi Digital. Buletin Loupe, 17(01), 08-14. https://doi.org/10.51967/buletinloupe.v17i01.456